Yang Terkenal Dari Brastagi

Berastagi atau biasa yang di sebut sebagai Brastagi adalah daerah yang sangat indah dengan udara yang sangat sejuk. Berastagi merupakan suatu daerah yang terletak pada ketinggian sekitar 1330 meter bagian Utara dan sekitar 68 Km bagian selatan kota medan. Berastagi memiliki udara yang dingin di siang hari dan malam suhu dinginnya meningkat. Kota berastagi telah berdiri Sekitar tahun 1920-an, sejak pemerintahan Belanda.

Berhubung tidak terlalu jauh dari kota medan, Brastagi merupakan salah satu tujuan utama bagi warga kota medan. Untuk mengunjungi Brastagi, Akhir pekan adalah hari yang sangat menyenangkan. Selain terkenal dengan kesejukan dan tempat hiburan, Brastagi juga sebagai sumber bahan pangan bagi masyarakat medan seperti Buah, Sayur dan bahan-bahan dapur lainnya.

Sekitar tahun 1926, Hoa Binh yang di kenal sebagai Rumah Umang dapat di temukan di Brastagi. Tempat ini juga termasuk salah satu tujuan wisata yang sudah ada sejak beberapa ribu tahun yang lalu. Hanya sekitar beberapa Kilometer dari Rumah Umang, Juga terdapat lereng curam, Kebun raya Sibolangit dan juga hutan pakis yang sangat menarik.

Sebelum menuju daerah Brastagi, Kita bisa melihat gunung yang termasuk Aktif yang bernama Gunung Sibayak. Selain itu kita juga bisa mengunjungi suatu tempat yang dimana merupakan sumber air panas yang mangandung belerang dan juga sering di sebut sebagai Lau Debuk-Debuk.

Lau Debuk-debuk adalah salah satu tempat yang sangat sering di kunjungi oleh banyak warga termasuk Warga kota medan. Dengan suasana yang sangat dingin, Tempat permandian air panas ini sangat cocok sekali untuk menghangatkan tubuh dan juga di percaya baik untuk mengatasi masalah kulit seperti Panu, Kurap dan masalah kulit lainnya. Selain itu, permandian air panas yang mengandung Belerang ini juga dipercaya dapat memperlancar peredaran darah serta masalah kesehatan lainnya seperti Nyeri Sendi.

Sekitar 7 Km sebelum Brastagi, Terdapat lokasi kebun binatang dan gubuk-gubuk kecil yang Modern sebagai tujuan Wisata pada akhir pekan. Pada awalnya, Kebun binatang ini disebut sebagai Arborethum yang hingga kini menjadi Hutan Bukit Barisan.

Sebagai sumber buah dan sayur serta rempah-rempah lainnya, Makanan yang sangat favorit di daerah ini adalah Markisa yang sering di sajikan sebagai bentuk minuman. Dari sepanjang jalan, banyak di temukan warung-warung kecil yang menawarkan hasil dari perkebunan warga setempat. Bila kita mengunjungi daerah ini, Sebaiknya kita bersinggah pada warung yang menjual hasil usahanya sebagai Oleh-oleh dari Kota Brastagi.

Selain tujuan wisata, Brastagi juga memiliki tidak sedikit desa tradisional yang sangat menarik dari pada yang lain. Ada beberapa desa yang sangat di brastagi seperti Desa pecaren, Desa cinkes, Desa dokan, Desa kaban jahe, dan desa juhar. Untuk mengunjungi desa ini, Kita bisa melalui gunung atau dengan menggunakan alat transportasi yang terkenal di brastagi. Desa yang sering di kunjungi adalah Desa pecaren yang memiliki banyak rumah tradisional dari pada Desa yang lain. Selain itu, Desa ini sangat mudah sekali untuk dikunjungi dan hal yang sangat menarik dari desa ini sebagian dari warga desa memamerkan sebagian kreasinya yang berbentu patung.

Selain Desa paceran yang memiliki hasil kreasinya, Desa serenade juga tidak mau ketinggalan. Desa serenade memiliki Kecapi dan juga memiliki pakaian Tradisional yang sering di pakai oleh kaum wanita.

Desa lain yang sangat populer adalag Desa lingga. Jarak untuk menempuh Desa ini dapat mencapai 16 Km dari berastagi dan 5 Km dari kaban jahe. Desa lingga ini terletak dengan ketinggian sekiatr 1200 Meter yang dekat dengan Desa lau garuk yang memiliki beberapa rumah adat yang rata-rata memiliki usia sekitar 250 tahun.

 

 

 

Next ArticleJumlah Penduduk Jakarta Tahun 2016