Wow, Ternyata Tidak Semua Bahan Makanan Bisa Kamu Simpan Di Kulkas Lho

Hallo guys, apa saja sih yang biasanya akan kamu lakukan, Kalau dirumah kamu masih ada bahan makanan yang memang tersisa? Sudah pasti dong, kamu bakal melakukan hal yang sama seperti yangt di lakukan kebanyakan ibu-ibu dirumah dengan menyimpan bahan makanan tersebut ke dalam kulkas. Ya’ dengan bermaksud agar tetap awet dan tentunya masih bisa jugua digunakan lagi pada lain waktu.  Itu sih memang sudah menjadi cara alternatif para emak-emak juga.

Namun yang perlu kamu ketahui juga para ibuk-ibuk muda khususnya yang belum mengetahuinya. Ternyata tidak semua bahan makanan bisa  kamu simpan di dalam kulkas dalam kurun waktu berhari-hari. Seperti yang kamu ketahui sebelumnya, karena teksturnya juga akan berubah dan warnanya pun akan ikut memudar juga. Apalagi kandungan nutrisinya, sudah pasti akan hilang juga lho. Kira-kira, makanan apa saja sih yang tidak bisa di simpan dalam kulkas?

Nah, pertanyaan semacam ini juga akan saya jawab melalui ulasan yang telah saya rangkum. Agar kamu sebagai ibu muda tidak meletakkan bahan makanan tersebut di dalam lemari es tersebut. Dilansir dari Times Of India, inilah bahan makanan yang memang hanya bisa di simpan pada suhu ruangan :

Tomat

Tomat yang disimpan di dalam kulkas akan membuat bentuknya berubah. Meskipun rasa dari tomat tidak akan bepengaruh, namun teksturnya akan mengerut dan membuat lapisan luar tomat sudah terlihat tak begitu segar lagi. Warnananya pun akan menjadi kusam. Sebaiknya, simpan tomat di wadah terbuka dan letakkan di dekat jendela untuk menjaga kelembaban suhu tomat agar tetap segar dan berair.

Kentang

Menyimpan kentang di dalam kulkas hanya akan mempercepat pembusukannya. Kentang yang didinginkan juga bisa memecah pati yang terkandung dalam sebuah kentang. Padahal pati sangat dibutuhkan tubuh untuk dicerna sebagai sumber energi. Rasa kentang pun akan berubah dan tingkat kesegarannya ikut menurun. Tak perlu menyimpan kentang di kulkas agar kentang tetap awet, kamu hanya perlu menyimpannya di wadah terbuka dengan suhu ruang.

Bawang Merah

Siapa di antara kamu yang suka menyimpan bawang merah di dalam kulkas? Jika kamu salah satunya, maka ada hal yang perlu kamu perhatikan. Bawang merah sejatinya tak begitu masalah jika disimpan di lemari pendingin, namun peletakkannga harus diperhatikan karena bawang merah hanya boleh disimpan di laci kulkas khusus sayuran yang umumnya terletak di bagian bawah. Jangan lupa untuk membungkusnya dengan plastik kedap udara agar bentuk bawang merah tetap utuh.

Madu

Dimanakah kamu biasanya menimpan madu? Jika selama ini kamu kerap menyimpannya di dalam kukas, maka pindahkan segera madu kamu untuk dibiarkan disimpan di suhu ruang. Karena madu yang kamu simpan di dalam lemari pendingin hanya akan membuatnya mengkristal atau mengeras akibat kandungan gula yang ada pada sebotol madu. Hal ini jelas akan membuat kamu tak bisa segera mengkonsumsi madu dengan mudah.

Bawang Putih

Sama seperti bawang merah, penyimpanan bawang putih juga sebenarnya tak boleh langsung disimpan di dalam lemari pendingin. Dibandingkan dengan menyimpannya di kulkas yang dibungkus dengan plastik, sebaiknya simpanlah bawang putih di wadah terbuka dengan suhu ruang agar bawang putih tak cepat busuk. Penyimpanan bawang putih di dalam kulkas hanya akan merusak rasa dari bawang putih itu sendiri.

Kopi

Baik masih dalam berbentuk biji atau bubuk, kopi tak diperbolehkan untuk disimpan di dalam kulkas. Para ahli pun menyarankan agar kopi disimpan dalam wadah yang kedap udara dan dibiarkan di letakkan di suhu ruang. Kopi yang disimpan di lemari pendingin hanya akan merusak tekstur dari kopi tersebut. Selain itu, pendinginan akan menyebabkan berubahnya rasa kopi akibat kelembaban kopi yang semakin berkurang.

Roti

Sepertinya tak sedikit dari masyarakat yang sering menyimpan roti di dalam kulkas. Banyak yang beranggapan jika pendinginan akan menghambat pertumbuhan jamur yang bisa tumbuh di lapisan luar roti. Padahal, meskipun roti disimpan di kulkas tak akan membuat jamur tidak tumbuh di permukaan roti. Beberapa ahli juga tidak pernah menyarankan menyimpan roti di dalam kulkas. Suhu rendah kulkas akan membuat roti menjadi kering dan menghilanhkan tesktur kenyal roti.

Apel

Buah memang umumnya disimpan di dalam kulkas. Hal ini bertujuan untuk menajga kesegaran dari buah-buahan tersebut. Namun, ternyata buah apel tak disarankan untuk disimpan di dalam kulkas. Pendinginan hanya akan mengurangi kandungan nutrisi buah apel. Teksturnya pun akan menjadi kering dan kerenyahan buah apel akan berkurang. Buah apel yang disimpan di suhu ruang tak akan mengurangi rasa atau tekstur dari buah berwarna merah ini.

Nah, setelah kamu sudah mengetahui bahan-bahan diatas tidak bisa di simpan dalam Kulkas. Apakah kamu masih berinisiatif untuk meletakkannya ditampat tersebut? Tentu saja tidak ya para ibu muda, karena mengingat beberapa akibat yang akan terjadi jika kamu menyimpannya di dalam suhu ruangan yang bisa diokatakan dingin juga. Sangat tidak menggenakkan juga jika anda mengkonsumsi makanan yang sudah hilang nutrisinya. Maka dari itu, simpan lah bahan makanan tersebut di ruangan yang terbuka.

Semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi para pembaca sekalian serta bisa menambah wawasan tentang bahan makanan yang akan hilang khasiatnya jika disimpan pada kulkas. Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih atas waktu dan perhatiannya.

Next ArticleMemahami Penyakit Croup Infeksi Saluran Nafas Pada Balita