Wow, Inilah Danau Yang Berbahaya Di Dunia

Danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana rekreasi, dan olahraga. Namun apa jadinya jika danau yang akan kita kunjungi tersebut ternyata menyimpan bahaya besar? Penasaran? Langsung saja simak kisahnya berikut ini. Semoga ini tak menjadi tujuan wisata Anda di liburan kali ini.

1. Danau Karachay, Rusia

Danau yang dikelilingi oleh pegunungan salju ini ternyata menyimpan bahaya besar yang dapat merenggut nyawa. Sebab, Karachay yang terletak di pegunungan Ural selatan, Rusia Barat ini memiliki radioaktif tinggi yang dapat menewaskan seseorang jika ia berdiri di tepi danau selama satu jam.

Hal itu terjadi karena Karachay merupakan tempat pembuangan kebocoran nuklir dan limbah radioaktif dari pabrik nuklir terbesar di Rusia, Mayak Production Association. Menurut laporan dari Worldwatch Institute, Karachay adalah salah satu tempat paling tercemar di Bumi. Karena Karachay telah dicemari oleh sekitar 4,44 eksabecquerel (EBq) keradioaktifan, yang meliputi 3,6 EBq Caesium-137 dan 0,74 EBq Strontium-90. Kini, Karachay semakin mengering dan memperlihatkan ampas radioaktif di dasarnya.

2. Danau Lake Nyos, Cameroon

Ini merupakan salah satu dari tiga danau di bumi dimana gas CO2 terdapat di dalam air dan mengubahnya menjadi asam karbonat yang merupakan sebuah senyawa kimia yang mematikan. Pada tahun 1986, ketika danau ini meledak karena senyawa kimia yang terkandung di dalam air tersebut bereaksi karena sudah terkumpul dengan padat.

Diibaratkan seperti gas CO2 yang terperangkap di air, seperti gabus dalam botol sampanye yang akan meledak keluar dengan cepat ketika tekanan dalam botol sudah cukup tinggi. Dimana pada saat itu, ribuan penduduk desa kehilangan nyawa mereka serta ribuan hewan ternak.

3. Danau Rakhsastal, Tibet

Ini adalah danau air asin yang sangat popular di Tibet. Menurut mitologi Hindu Rivana Rakhsastal dihuni oleh iblis berkepala sepuluh. Kengerian ini bertambah kuat dengan tidak adanya kehidupan biologis di dalam Rakhsastal. Selain itu, Rakhasastal juga diyakini mengandung racun yang sangat mematikan. Hal ini sangat bertolak belakang dengan danau Manasaroval yang terletak di sebelahnya. Dimana pada danau ini, kita dapat menjumpai air yang jernih dan pemandangan yang cantik.

4. Danau Boiling Lake, Dominika

Boiling Lake terletak di Taman Nasional Morne Trios Pitons, Danau ini berisi gelembung air berwarna biru keabu-abuan yang biasa diselimuti oleh awan uap dan membuatnya layaknya air yang mendidih pada suhu yang tertinggi . Jika Anda berminat untuk mengunjunginya, maka jangan pernah sekali-kali untuk mencoba menyelam. Sebab Anda bisa terebus. Karena menurut penelitian, suhu pada tepi danau berkisar antara 82 hingga 91,50C. Sedangkan suhu di tengah danau, dinengarai berkisar 1000C. Sedangkan kedalamannya diprediksi sekitar 59 meter. Untuk menuju Boiling Lake, Anda harus melewati mata air belerang—yang merupakan jalan satu-satunya untuk menuju danau ini.

5. Danau Kivu, Kongo Rwanda

Terletak di perbatasan antara Republik Demokratik Kongo dan Rwanda, Afrika Tengah, Danau Kivu adalah kumpulan danau air tawar kecil. Namun, beberapa dari danau kecil itu dapat meledak karena adanya fenomena geologi. Permukaan danau Kivu sendiri juga mengandung gas karbondioksida yang diproduksi oleh bakteri yang hidup di dasar danau. Apabila aktivitas volcano bereaksi dengan gas-gas ini, maka akan menimbulkan ledakan yang dapat membahayakan orang-orang di sekitarnya. Namun ironisnya, walaupun telah mengetahui bahaya besar tersebut, sekitar dua juta penduduk masih memilih untuk tinggal di lingkungan sekitar danau.

6. Danau Horseshoe, California

Danau Horseshoe berada di dalam Taman Nasional Lassen Volcanic, California, Amerika Serikat. Danau ini berada di ketinggian 1.996 meter. Meski nampak indah, Danau Horseshoe diam-diam berbahaya. Sama seperti Danau Nyos di Kamerun, air di permukaan danau mengandung zat karbondioksida yang cukup tinggi. Tak percaya? Coba saja gali sebuah lubang di dekat danau dan hidupkan obor dalam lubang tersebut. Obor api niscaya akan langsung mati seketika.

Pemandangan danau ini memang cantik, namun tepat di tepian danau pohon-pohon tumbuh kering dan kerontang. Pohon-pohon ini nyaris mati karena terlalu banyak menghisap zat karbondioksida. Pada 2006 danau Horseshoe merenggut nyawa. Tiga orang wisatawan yang tengah kemping di sebuah goa tak jauh dari danau ini mati keracunan karbondioksida.

7. Danau Yellowstone, Amerika Serikat

Danau satu ini mematikan bagaikan bom waktu. Saat ini masih bisa dinikmati wisatawan, namun bila nanti tiba waktunya, bisa membuat bencana besar. Danau Yellowstone terletak di Taman Nasional Yellowstone, taman nasional tertua di Amerika Serikat. Taman nasional ini sendiri terkenal akan geyser dan sumber air panasnya, serta menjadi tempat banyak wisatawan mancanegara datang untuk menyaksikan kehidupan margasatwa dan keindahan alamnya.

Pada 1979 Taman Nasional Yellowstone diterima sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Namun keindahan Danau Yellowstone yang berada di taman nasional ini ternyata berbahaya. Danau ini berada di area vulkanis aktif, dan di dasar danau ini para ilmuwan menemukan kubah api yang aktif. Kubah ini pernah meledak ribuan tahun lalu, namun karena belum banyak penduduk, maka belum terasa dampak buruknya. Kabarnya, kubah dalam danau ini sangat sensitif. Gempa sedikit saja dapat memicunya untuk meledak dan mencelakakan orang-orang sekitar danau.

Sekianlah informasi dari saya tentang danau yang paling berbahaya di dunia, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda, apabila ada kata yang salah, saya sebagai penulis minta maaf. Terima kasih.

Next ArticleSungguh Unik, Inilah Desain Ponsel Yang Pernah Diproduksi