Waspada, Gejala Awal Penyakit Liver

Pernahkah Anda mendengar ada seorang dari teman, tetangga atau bahkan saudara Anda yang terkena penyakit liver? Semoga saja belum pernah, tapi setidaknya Anda harus mengatahui kalau ada satu penyakit yang bernama penyakit liver. Lalu, apa sih penyakit liver itu? Bagaimana gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini? Berikut kami akan berbagi pengetahuan tentang ciri-ciri gejala awal orang terkena penyakit liver, yang tentu saja bisa memberikan pengetahuan kepada pembaca semua tentang penyakit yang satu ini.

Apa Itu Penyakit Liver?

Ketika Anda mendengar kata penyakit liver, mungkin pertanyaan pertama yang akan muncul dari benak Anda adalah “Apa sih penyakit liver itu?” Penyakit liver merupakan salah satu penyakit yang tergolong penyakit yang sangat berbahaya. Hal ini disebabkan karena peran liver atau hati yang sangatlah penting untuk tubuh kita karena sebagai alat ekskresi manusia yang membantu fungsi ginjal untuk memecah senyawa-senyawa yang ada pada tubuh yang bersifat racun. Selain itu, hati juga merupakan organ tubuh penghasil amonia, urin serta asam urat yang memanfaatkan nitrogen serta asam amino.

Fungsi Penting Organ Hati

Dengan ratusan fungsi yang dijalankan, hati menjadi salah satu organ yang paling kompleks dalam tubuh manusia. Kanker hati dikategorikan sebagai penyakit serius akibat terhambatnya fungsi-fungsi hati tersebut, bahkan benar-benar menghentikannya. Berikut ini adalah beberapa fungsi terpenting dari hati:

  • Menghilangkan racun dari tubuh
  • Mencerna protein dan lemak
  • Memproduksi cairan penghancur lemak (empedu) yang membantu pencernaan
  • Membantu mengontrol penggumpalan darah

Mengenali Gejala liver

Gejala penyakit ini biasanya berbentuk umum atau kurang spesifik seperti misalnya kelelahan dan mual. Berikut ini adalah gejala yang sering kali muncul :

Akan mengalami penyakit anemia

Salah satu gejala penyakit liver adalah akan mengalami penyakit anemia. Penyakit anemia adalah penyakit yang terjadi karena kekurangan darah merah. Jenis penyakit inilah yang bisa menyebabkan liver terjadi. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit ini tidak mudah terjadi pada diri Anda. Yang pada dasarnya penyakit ini bisa menimbulkan atau bisa mendatangkan bahaya jika tidak segera diatsai atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

Akan mengalami bau mulut

Salah satu gejala penyakit liver adalah akan mengalami bau pada bagian mulut. Gejala inilah yang bisa menyebabkan liver ini terjadi. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit ini tidak dapat terjadi pada diri Anda dengan mudah. Yang pada dasarnya penyakit ini bisa menimbulkan bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

Akan sering mengalami rasa haus

Salah satu gejala penyakit liver adalah akan sering mengalami rasa haus. Gejala inilah yang bisa menyebabkan liver terjadi. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit ini tidak dapat terjadi pada diri Anda dengan mudah. Yang pada dasarnya penyakit ini bisa menimbulkan atau bisa mendatangkan bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

Akan mengalami mimisan dengan sering

Salah satu gejala penyakit liver adalah akan mengalami pendarahan pada bagian hidung atau mimisan. Gejala inilah yang bisa menyebabkan liver ini terjadi. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit ini tidak dapat terjadi pada diri Anda dengan mudah. Yang pada dasarnya penyakit ini bisa menimbulkan atau bisa mendatangkan bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

Akan mengalami turunnya berat badan

Salah satu gejala penyakit liver adalah akan mengalami turunnya berat badan. Gejala inilah yang bisa menyebabkan liver ini terjadi. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit ini tidak dapat terjadi pada diri Anda dengan mudah. Yang pada dasarnya penyakit ini bisa menimbulkan atau bisa mendatangkan bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

Akan mengalami nafsu makan yang berkurang

Salah satu gejala penyakit liver adalah akan mengalami nafsu makan yang berkurang. Gejala inilah yang bisa menyebabkan liver ini terjadi. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit ini tidak dapat terjadi pada diri Anda dengan mudah. Yang pada dasarnya penyakit ini bisa menimbulkan atau bisa mendatangkan bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

Penyebab Penyakit Liver

Jika mengalami penyakit liver maka di tandai dengan adanya banyak berat badan yang hilang namun pada bagian perut akan terlihat buncit atau lebih besar. Selain itu juga akan menyebabkan kondisi tubuh yang akan mudah lelah karena banyak kekurangan vitamin akibat penurunan pada fungsi hati berikut penyebab penyakit liver :

Terjadinya infeksi

Infeksi menjadi penyebab utama dari penyakit liver. Virus yang menjangkiti menyebabkan penyakit liver. Virus hepatitis terbagi 5 jenis yaitu Hepatitis A, B, C, D dan E. Hepatitis A adalah jenis virus yang penularannya didapatkan melalui makanan. Sehingga mencegahnya dengan cara menghindari mengkonsumsi makanan di yang tidak bersih dan tidak sehat. Virus ini juga menjadi penyebab penyakit kuning.

Adapun Hepatitis B dan C menginfeksi tubuh manusia melalui darah ataupun cairan tubuh. Resiko tinggi virus menjangkiti tubuh karena aktivitas penggunaan obat terlarang menggunakan jarum suntik, perilaku buruk seksual yang menyebabkan tingginya tingkat penularan virus jenis ini. Infeksi virus Hepatitis B atau C yang sulit ditangani, jika kondisi penyakit liver sudah masuk stadium akhir.

Kebiasaan buruk mengkonsumsi alkohol

Kebiasaan konsumsi alkohol menyebabkan hati menjadi berlemak, yang terkena resiko tinggi tubuh terkena penyakit liver tingkat akut. Masalah ini masih jarang terjadi di Indonesia, karena kesadaran yang baik dari masyarakat di Indonesia, yang kebiasaan mengkonsumsi alkohol di Indonesia sangat rendah. Sehingga jarang penduduk Indonesia yang terkena penyakit liver karena konsumsi alkohol.

Faktor keturunan atau genetika

Untuk masalah ini terjadinya karena penyakit hati bisa menular melalui aliran darah. Penyakit liver dapat menjangkiti seseorang karena faktor keturunan, dimana adanya gen abnormal yang berasal dari salah satu orang tua, sehingga meningkatkan resiko penyakit hati. Beberapa penyakit hati yang terjadi dari sebab keturunan yaitu: hemochromatosis, hyperoxaluria dan oxalosis dan penyakit wilson

Batu empedu

Batu empedu yang tertimbun di dalam kantung empedu memberikan resiko penyakit kuning, kondisi itu mengakibatkan terjadinya sumbatan pada saluran pengeluaran empedu yang akhirnya sulit bahkan tidak bisa untuk dibuang melalui usus. Kemudian cairan empedu itu bisa naik ke liver, sehingga menyebabkan kerusakan pada organ hati. Empedu yang tidak bisa atau sulit dibuang mengakibatkan kulit menjadi berwarna kuning. Untuk menghadapi masalah ini, perlu secepatnya berkonsultasi ke ahli kesehatan atau dokter.

Karena pola hidup yang tidak sehat

Kebiasaan yang membuat seseorang sangat mudah terkena penyakit liver, yaitu kebiasaan yang buruk, yang wajib dihindari, seperti merokok, minum alkohol, minum minuman keras, mengonsumsi makanan tidak sehat (utamanya seperti junk food & fast food) konsumsi makanan berminyak berlebihan (seperti gorengan), mengkonsumsi kandungan lemak yang berlebihan, sering begadang hanya untuk melakukan hal yang tidak penting dan minum-minuman bersoda.

Pengobatan Penyakit Liver

Cara mengobati penyakit liver tergantung dari penyebab penyakit livernya. Penyakit liver karena infeksi dapat diobati dengan obat-obatan antivirus. Mengobati penyakit liver karena infeksi terutama sangat penting bila penyebabnya adalah virus hepatitis B dan C. Penyakit liver karena alkohol dan obat pengobatannya ialah menghentikan konsumsi alkohol dan obat serta memeriksakan diri Anda ke dokter. Dan bila Anda mempunyai kondisi batu empedu, segera konsultasi ke dokter agar dapat dilakukan tindakan lebih lanjut.

Di atas sudah dibahas beberapa penyebab tersering penyakit liver. Sebenarnya ada juga faktor genetik dan kelainan bawaan yang menjadi penyebab penyakit liver dan penyebab penyakit kuning. Dikarenakan fungsi liver yang penting bagi tubuh kita, kesehatan organ ini harus selalu kita jaga. Menjaga organ ini tidaklah sesulit yang dikira, cukup makan sehat yang rendah lemak, jangan biasakan minum alkohol dan usahakan tidak mengkonsumsi obat-obatan yang belum jelas efeknya dan tidak diperlukan. Seseorang juga harus hidup dengan bersih, tidak menikmati obat-obatan terlarang terutama yang disuntik serta memiliki perilaku seksual yang sehat. Karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, mari kita jaga kesehatan liver kita.

Next ArticleWow, Kekuatan Khusus Yang Dimilliki Indigo