Waspada, Bahaya Rokok Yang Harus Kamu Ketahui

(Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin). Rasa-rasanya peringatan dalam setiap pak rokok ini hanyalah tulisan semata bagi para perokok. Pasalnya, meskipun semua kemasan rokok sudah mencantumkan peringatan ini, jumlah perokok tidak pernah berkurang setiap tahunnya, malah semakin bertambah. Merokok telah menjadi salah satu aktivitas yang sangat disarankan untuk tidak pernah dilakukan.

Para ahli percaya bahwa kebiasaan merokok merupakan salah satu hal yang sangat tidak baik buat kesehatan fisik maupun psikis. Merokok juga merupakan salah satu aktivitas yang memicu tubuh menderita berbagai risiko penyakit berbahaya dan mematikan. Aplikasi yang dapat ditimbulkan rokok mungkin beberapa dari Anda hanya dapat menyebutkan 1-2 masalah saja. Apa saja sebenarnya alasan rokok dapat berbahaya bagi tubuh manusia? Berikut 10 alasan mengapa rokok disebut berbahaya.

1. Kecanduan Nikotin

Tembakau dalam rokok mengandung zat yang dapat mengubah suasana hati, zat tersebut adalah nikotin. Nikotin bisa dengan mudah mencapai otak dan dalam hitungan detik dapat merangsang sistem saraf pusat untuk membuatmu merasa lebih bersemangat dan berenergi untuk sementara waktu. Namun kemudian akan memberikan efek mudah lelah sehingga kamu akan menginginkan nikotin lagi dan lagi (kecanduan).

Tubuh kamu memiliki hormon stress yang disebut kortikosteron, hormon ini menurunkan efek nikotin. Jika kamu sedang dalam masa stress, kamu akan membutuhkan lebih banyak nikotin untuk efek yang sama. Merokok dapat juga dapat mengganggu fungsi emosional yang bisa membuat kamu merasa mudah cemas, jengkel dan depresi.

2. Membuat Mata Buta

Mungkin bagi kebanyakan orang, merokok hanya dapat mebahayakan paru-paru saja tapi ternyata beberapa riset yang dilakukan oleh peneliti di CDC (Centers for Disease Control) mengatakan hal lain yang tidak akan Anda sangka. Berdasarkan riset-riset, diketahui bahwa ternyata asap rokok tidak hanya berbahaya bagi paru-paru, namun juga dapat membahayakan kesehatan mata. Menurut CDC, asap rokok dapat meningkatkan resiko penyakit katarak, degenerasi makular dan juga kerusakan saraf optik yang akhirnya dapat berujung dengan kebutaan.

3. Penuaan Dini

Salah satu penyebab penuaan dini adalah merokok. Menurut American Academy of Dermatology, merokok menyebabkan perubahan biokimia dalam tubuh yang mempercepat proses penuaan seperti kulit kasar dan munculnya kerutan. Efek rokok dapat menghilangkan jaringan kulit yang menyerap oksigen sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Akibatnya, darah tidak dapat mencapai organ tubuh dengan lancar dan oksigen tidak dapat diserap oleh kulit.

4. Membuat Tulang Rapuh

Beberapa studi yang telah dilakukan menemukan bahwa merokok dapat mengurangi jumlah kalsium pada tulang. Berkurangnya jumlah kalsium dapat mengakibatkan kepadatan tulang akan semakin berkurang dan mengakibatkan salah satu penyakit tulang yang paling sering terdengar, yaitu osteoporosis serta nyeri sendi. Kekurangan kalsium juga dapat mengakibatkan berkurangnya kekuatan gigi di rahang bagian bawah.

Selain mengakibatkan tulang yang rentan patah, penyembuhan luka atau cidera dari para perokok juga biasanya akan lebih lama jika dibandingkan dengan non-perokok. Pada wanita merokok juga dapat mempengaruhi hormon estrogen. Salah satu manfaat dari hormon estrogen ini sendiri adalah untuk wanita yang sudah berumur, mereka dapat mencegah terjadinya retak pada tulang.

5. Menyebabkan Ejakulasi Dini

Masih terkait dengan hal seksual. Merokok dapat menyebabkan apa yang disebut dengan ejakulasi dini. Ejakulasi dini sendiri adalah kondisi umum yang biasanya dialami oleh kebanyakan pria berumur, tapi ternyata kasus ejakulasi dini cukup sering ditemukan pada pria muda yang senang merokok. Alasan ejakulasi dini dapat terjadi adalah karena merokok dapat mengganggu sirkulasi darah, menurunkan ketahanan kelamin pria, penyakit jantung, serta stamina yang berkurang. Bila semua faktor tersebut digabung menjadi satu maka akan berakibat terganggunya sistem reproduksi laki-laki yang berakhir dengan ejakulasi dini.

Di samping itu, penelitian yang dilakukan di University of Arizona menyatakan bahwa selain mempengaruhi stamina pria, merokok juga secara langsung dapat mempengaruhi gairah seksual pria. Studi lain yang serupa juga dilakukan di University of Kentucky menemukan bahwa pria perokok baik walaupun mereka masih muda, akan mengalami kurangnya rasa tertarik untuk melakukan aktivitas seksual ketimbang pria yang idak merokok.

6. Meningkatnya Jumlah Sel Darah Putih

Ketika kamu merokok, maka jumlah sel darah putih (sel-sel yang mempertahankan tubuh kamu dari infeksi) akan tetap tinggi. Ini menandakan bahwa tubuh kamu sedang mengalami stress secara terus menerus, berjuang malawan peradangan dan kerusakan akibat tembakau yang kamu konsumsi. Jumlah sel darah putih yang tinggi merupakan sinyal bahwa tubuh kamu sedang terluka. Jumlah sel darah putih yang tetap tinggi untuk waktu yang lama akan terkait dengan peningkatan risiko serangan jantung, stroke dan kanker.

7. Merusak Paru-Paru

Di dalam rokok, ada banyak sekali berbagai zat kimia berbahaya yang dapat melekat ke paru-paru, sirkulasi udara manusia dan keseluruhan tubuh. Mudahnya, Anda dapat melihat perbandingan antara paru-paru sehat dan paru-paru perokok pada gambar di atas. Zat-Zat yang melekat pada paru-paru tersebut dapat menyebabkan penyumbatan sehingga menyebakan kesulitan bernapas serta menurunkan fungsi paru-paru dalam mempertahankan asupan oksigen di tubuh kita. Penelitian juga mengungkapkan bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit paru-paru seperti COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease), empisema, bronkitis kronis, infeksi paru-paru, asma dan juga meningkat resiko seseorang terserang TBC.

8. Rokok Menyebabkan Kanker

Kita sudah mengetahui banyak fakta negatif dari merokok, tapi yang paling kita sering dengar sebenarnya adalah merokok dapat menyebabkan salah satu penyakit paling mematikan di dunia, yaitu kanker paru-paru. Tapi ternyata selain dari kanker paru-paru, merokok juga dapat mengakibatkan banyak penyakit kanker mematikan lain seperti kanker hidung, mulut, pita suara, tenggorokan, kerongkongan, lambung, pankreas, ginjal, kandung kemih, leher rahim, sumsum tulang belakang, hingga sel darah merah.

Kenapa rokok sangat berbahaya bagi tubuh? Karena dimulai dari seseorang menyalakan satu buah rokok hanya sampai ia menghembuskan asap pertamanya, dapat menyebabkan berbagai efek buruk dan bencana pada tubuhnya. Dari 41.000 zat kimia berbahaya yang terkandung pada rokok, sebagian besar zat tersebut merupakan zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Zat kimia ini bila dikombinasikan dengan panas dari asap rokok dapat mengakibatkan mutasi sel tubuh sehingga yang tidak terkontrol dan berakhir pada berbagai penyakit mematikan.

Dengan mengetahui berbagai bahaya merokok sebagaimana disebutkan di atas, maka baik Anda adalah perokok maupun bukan, setidaknya kita dapat mengajarkan generasi lanjut untuk menghindari bahaya merokok ini.

Next ArticleSakit Gigi? Ini Penyebab Dan Gejalanya