Ternyata Manfaat Petai Sangat Luar Biasa Bagi Tubuh

Petai memiliki bentuk biji pipih dan panjang serta bulat seperti kacang almond. Yang paling istimewa dari petai tentu saja baunya yang khas. Sebagian orang tidak keberatan dengan bau tersebut sedangkan sebagian lainnya tidak menyukai bau yang dihasilkan dari petai. Cara mengonsumsinya pun beragam, petai bisa dimakan mentah, digoreng, dibakar atau diacar. Di Indonesia sendiri biasanya petai disajikan bersama dengan nasi goreng, kentang goreng balad  atau pendamping lalapan.

Petai (Parkia speciosa) merupakan pohon tropik dari suku polong-polongan (Fabaceae) dan banyak tersebar di daerah Indonesia bagian barat. Pohon petai umumnya dapat mencapai ketinggian 20 meter dan tidak banyak memiliki cabang. Petai adalah termasuk tanaman yang berbuah musiman dan mulai banyak tersedia ketika memasuki bulan Desember atau Januari. Petai diketahui mengandungi tiga jenis gula yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa serta mengandung serat makanan. Karena mengandung gula, menjadikan petai sebagai makanan yang baik untuk menambah tenaga. Dengan demikian, tak heran jika petai banyak dimanfaatkan sebagai makanan tambahan untuk para olahragawan.

Bukan hanya itu yang menjadikan petai baik untuk kesehatan karena manfaat petai sangat banyak, salah satu nya sebagai sumber antioksidan, mencegah hipertensi, anemia, sembelit, ulkus lambung, penyakit hati, ginjal dan bahkan dapat menangkal depresi. Berikut adalah beberapa kesehatan manfaat dari petai untuk tubuh.

1. Meredakan Depresi

Petai mengandung tryptophan semacam protein yang dapat diubah menjadi serotonin yang dapat membuat Anda relaks, meningkatkan mood dan dapat membuat Anda merasa lebih nyaman. Petai dapat membantu meringankan gejala depresi bagi penderita gangguan depresi dan menjadikan orang yang lebih bahagia.

2. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Biji eksotis ini memiliki kandungan kalium yang tinggi tetapi rendah garam, yang dapat menaklukkan tekanan darah. Bahkan US Food and Drug Administration memberi izin kepada industri petai untuk membuat klaim resmi sebagai buah yang memiliki fungsi untuk mencegah tekanan darah tinggi dan stroke.

3. Menjaga Saluran Pencernaan

Kandungat seat ( dietary fibers ) yang tinggi bikin petai amat baik untuk saluran pencernaan. Petai dipakai sebagai makanan untuk menjaga penceranaan dikarenakan struktur nya yang lembut serta halus. Buah ini juga dapat menetralkan asam lambung serta kurangi iritasi dengan melapisi permukaan didalam lambung.

4. Obat mabuk

Manfaat berikutnya dari petai adalah sangat cepat untuk mengobati penyakit mabuk yaitu milkshake peetai yang dimaniskan dengan madu. Petai dapat menolong menenangkan perut serta pertolongan madu dapat menambah kandungan gula darah yang jatuh, namun susu dapat menenangkan serta kembali melakukan perbaikan kandungan cairan didalam tubuh.

5. Menghilangkan rasa sesak karena kekenyangan

Manfaat petai saat dikonsumsi ini memiliki efek yang dinamakan efek antasida. Efek ini dapat membantu Anda dalam mengurangi rasa sesak pada bagian dada yang disebabkan oleh kekenyangan atau terlalu banyak makan. Petai dapat membantu mengurangi rasa sesak dan sakit tersebut.

6. Menangani Gatal Nyamuk Gigitan

Tidak hanya buah atau biji petai yang berkhasiat, bagian kulit petai pun ternyata memiliki khasiat dan manfaat. Salah satu manfaat dari kulit biji petai ini adalah dapat mengurangi dan menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk

7. Sebagai Obat Awet Muda

Kandungan proteinnya dapat meregenerasi kulit, petani petai Indonesia telah mengekspor ke Jepang untuk di buat jadi bahan kosmetik.

8. PMS (Pra Menstruasi Sindrom)

PMS (Pre Menstrual Syndrome) biasanya dapat membuat seorang wanita dengan cepat berubah mood dan kondisi emosinya. Dengan mengkonsumsi petai ini, maka akan membantu menstabilkan mood. Hal ini merupakan efek dari tryptophan. Selain itu, petai juga mengandung manfaat vitamin B, terutama vitamin B1 yang dapat mengatur kadar gula darah dan juga dapat membantu memperbaiki mood seseorang.

9. Mengurangi Efek Stroke

Berdasarkan penelitian, memakan petai saat makan sehari-hari dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit stroke sebesar 40%.

10. Hindari Stres

Kalium yaitu mineral mutlak yang menolong untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen keotak serta mengatur keseimbangan cairan tubuh. Saat kita stress, kecepatan metabolisme kita dapat meningkat, hingga dapat kurangi kandungan kalium di dalam tubuh. Perihal ini bisa kembali diseimbangakan dengan makan petai yang tinggi kalium.

11. Menghindari Merokok

Petai bisa mendorong orang yang pingin berhenti merokok. Vit B6 serta B12 yang dikandungnya berbarengan dengan kalium serta magnesium, menolong tubuh cepat pulih dari dampak penghentian nikotin.

12. Mengatur Suhu Tubuh

Manfaat petai dipercaya sebagai buah atau biji yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Buah atau biji petai ini dikenal dengan istilah buah dingin yang akan menurunkan suhu tubuh.

13. Menetralisir Perut Luka

Petai digunakan sebagai makanan untuk menjaga penceranaan dikarenakan teksturnya yang lembut serta halus. Petai hanya satu buah mentah yang dapat dimakan tanpa mengakibatkan stress yang kronis. Buah ini juga dapat menteralkan asam lambung serta kurangi iritasi dengan melapisi permukaan di dalam lambung.

14. Mengatur Suhu Tubuh

Banyak kebudayaan yang mengatakan bahwa petai dapat turunkan suhu tubuh serta emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. Di Belanda contohnya, ibu hamil dapat mengonsumsi petI untuk meyakinkan si bayi lahir dengan suhu tidak tinggI. Walaupun di Indonesia ada larangan untuk mengonsumsi waktu hamil untuk menghindar baunya air ketuban.

15. Mendorong Kekuatan Otak

200 siswa Inggris di Twickenham ( middlesex ), tertolong dalam ujian sekolah saat mengonsumsi petai pada waktu sarapan, istirahat serta makan siang. Riset sudah menunjukkan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi bisa menolong siswa.

Jadi saya membuat artikel ini untuk memberikan informasi kepada Anda beberapa manfaat kesehatan dari petai untuk tubuh.

Next ArticleWanita Ini Melelang Keperawanannya Dengan Nilai Fantasis, Anda Berminat?