Ternyata Ada Makna Dibalik Simbol Ini

Setiap hari, kita sering menemui berbagai simbol di sekitar kita. Biasanya sebuah simbol memiliki fungsi dan makna tertentu untuk mempermudah hidup manusia, sebut saja sebagai identitas lembaga, fungsi sebuah benda, menyingkat penulisan, penunjuk jalan, hingga untuk mengekspresikan sesuatu.

Namun tahukah Anda, dibalik makna beberapa simbol yang kita ketahui selama ini, beberapa di antaranya memiliki makna tersembunyi yang jarang diketahui. Sebelum digunakan oleh khalayak luas, simbol-simbol tersebut telah melalui perjalanan sejarah yang unik.

1. Tanduk Iblis Atau Metal

Kalian yang anak metal pasti tahu dengan simbol tangan yang mengangkat jari telunjuk dan kelingking yang diangkat ke atas. Selain menjadi simbol anak metal, simbol jari ini juga bisa dikatakan menyerupai tanduk iblis. Lalu, apa sebenarnya makna dari simbol tanduk iblis atau anak metal ini?

Simbol tanduk iblis atau anak metal ini aslinya dinamakan Corna. Corna ini melambangkan mudra-karana dalam kepercayaan Hindu dan Buddha. Di agama Hindu atau Buddha, simbol ini berarti sebagai tanda untuk mengusir roh jahat. Tapi kalian perlu berhati-hati dalam menunjukkan simbol ini. Bagi orang-orang di Baltic, tanda ini berarti kalian ingin melakukan hubungan intim dengan pasangan orang.

2. Tengkorak Dan Tulang

Seberapa sering kalian melihat simbol tulang dan tengkorak? Harusnya sih sudah sering ya, baik itu di kehidupan nyata atau di dalam kartun. Sekarang, tanda ini sering digunakan untuk menandakan tanda bahaya atau beracun. Kalian yang belajar di kimia akan sering menemukan tanda ini di botol yang berisikan cairan berbahaya.

Bila menilik sejarah masa lalu, tanda ini juga sudah sering terlihat dan digunakan oleh banyak orang, hanya saja dalam konteks yang berbeda. Bangsa Spanyol jaman dulu menggunkan simbol tulang dan tengkorang ini sebagai simbol untuk menandakan kuburan. Jika kalian pergi ke Spanyol dan menemukan sejumlah tempat dengan simbol ini, itu tandanya ada kuburan di tempat tersebut.

3. Simbol Tiang Barber Shop

Simbol yang satu ini memang sangat identik dengan barber shop atau tukang cukur. Simbol dengan dua garis, warna merah dan putih, berputar mengelilingi tiang ini memang menjadi penanda bahwa Anda bisa memotong rambut Anda di sini. Tapi pernahkah terpikir mengapa simbol tukang cukur berbentuk seperti itu dan bukannya sepasang gunting atau sesuatu. Tiang barber shop pertama kali muncul di zaman pertengahan. Tanda itu digunakan sebagai simbol klinik kecil untuk operasi. Di zaman itu, melakukan operasi dengan bantuan dokter dianggap sebagai sesuatu yang sangat mahal, jadi untuk masyarakat kelas menengah ke bawah, tugas operasi diserahkan kepada tukang cukur.

Dengan kata lain, tukang cukur pada masa itu memiliki keahlian yang berbeda dengan tukang cukur saat ini. Selain mencukur rambut atau janggut, mereka juga dengan senang hati dibayar untuk melakukan operasi kecil seperti mencabut gigi atau menghilangkan batu empedu. Di masa lalu, tukang cukur memiliki propesi lain seperti dokter. Prosedur operasi yang umum digunakan saat itu adalah dengan metode Bloodletting, yakni dengan menyayat bagian pergelangan tangan pasien dan membiarkan darah mengalir keluar bersama dengan penyakit yang dideritanya. Untuk mempermudah operasi ini, tangan pasien akan dibalut dengan perban. Hal itulah yang menjadi simbol tiang barber shop.

4. Simbol Perdamaian

Di tahun 1960, ada sebuah simbol yang sangat terkenal, mirip seperti simbol salib terbalik yang patah, penampakannya bisa kalian lihat pada gambar di atas. Simbol tersebut, sekarang menjadi simbol yang menandakan perdamaian. Tidak seperti simbol pada kebanyakan yang memiliki sejarah kuno, simbol perdamaian ini dulu dirancang oleh seorang pria bernama Gerarld Holtom.

Holtom menciptakan simbol ini sebagai pelucutan senjata nuklir milik Inggris. Menurut Holtom sendiri, simbol tersebut melambangkan pria yang menggerakan tangan ke atas dan ke bawah. Gestur menggerakan tangan ke atas dan ke bawah, mengikuti gerakan orang Goya sebelum ditembak. Karena simbol tersebut belum mendapatkan hak cipta atas nama Holtom, kini, simbol tersebut dijadikan simbol damai.

5. Yin-Yang

Jika ditelusuri lebih dalam, simbol Yin-Yang adalah sebuah filosofi yang sudah sangat berakar di Cina, lebih khususnya di dalam kepercayaan Tao. Simbol yang populer ini bisa kalian temukan dimana-mana seperti di kaos, gantungan kunci, tato dan masih banyak lagi lainnya. Simbol ini diartikan oleh banyak orang sebagai baik dan jahat, padahal sebenarnya tidak.

Konsep simbol Yin-Yang sudah ada sejak jaman dahulu kala, jauh sebelum Masehi. Bukan disimbolkan sebagai baik dan jahat. Yin bisa berganti menjadi Yang dan begitu pula sebaliknya. Yin melambangkan sisi feminim, ditunjukkan dengan warna hitam, utara, air, transformasi, bulan, dingin, kelembutan, kepasifan, introspeksi, lembah dan segala hal yang bisa memberikan semangat pada jiwa. Yang melambangkan cahaya, api, gunung, kehangatan, matahari, aksi, pergerakan dan bentuk lainnya. Kepercayaan Tao percaya bahwa simbol Yin-Yang ini mendorong manusia untuk hidup seimbang, menghargai semua aspek kehidupan yang ada di bumi.

6. Ok

Bagi sejumlah negara di Eropa, mengeluarkan gestur tangan yang terlihat seperti gambar di atas adalah sebuah tanda ok atau saya tidak apa-apa. Namun, kalian harus berhati-hati untuk tidak melakukan gestur ini ketika berada di Brazil atau negara Mediterania lain karena simbol ini menandakan anus atau pecinta sesama jenis.

Gestur ok ini ternyata dapat kita temukan juga di kepercayaan Buddha dan Hindu. Simbol ok dalam agama Buddha diberi nama Vitarka mudra, artinya adalah mengajar dan alasan. Ada banyak artifak agama Buddha yang menggambarkan Buddha menunjukkan gesture Vitarka mudra.

Nah, itulah beberapa simbol populer di dunia yang ternyata memiliki makna tersembunyi. Semoga dapat menjadi pengetahuan baru anda.

Next ArticleSuka Dengarin Musik, Ini Dampak Buruknya