Sejarah, Jenis Dan Gerakan Capoeira

Capoeira adalah jenis seni bela diri yang berasal dari Brasil dan sudah ada sejak Abad ke-16. Capoeira yang dikenal sebagai Ilmu bela diri merupakan jenis seni yang gerakannya hampir mirip dengan berdansa. Bela diri yang berasal dari Brasil ini telah tercatat sebagai salah satu bela diri yang sudah berusia sekitar 500 tahun dan banyak dari negara lain telah ambil bagian untuk mempelajari bela diri ini.

Ilmu bela diri Capoeira yang juga dikenal hampir serupa dengan Tarian yang telah mengundang perhatian dunia karena memiliki gerakan yang sangat unik serta peserta yang bersama-sama bergerak dan dengan melakukan penyerangan secara tiba-tiba yang disertai dengan irama musik. Meskipun bela diri Capoeira pada jamannya semakin berkembang dan dengan berkembangnya jaman, jenis bela diri ini secara perlahan telah hilang.

Pada saat penjajahan oleh Portugis terhadap Afrika Barat yang dibawa ke Brasil kemudian dijadikan Budak pada perkebunan besar. Penderitaan yang sangat luar biasa dengan hukuman yang sangat mengerikan membayangi kehidupan para budak. Dengan semangat yang sangat besar dan dengan secara diam-diam mereka mulai melatih diri dan berhasil menciptakan sebuah silat yang bernama Capoeira untuk melawan Portugis.

Bela diri Capoeira yang berhasil diciptakan oleh para Budak melakukan perlawanan dengan membentuk sebuah kelompok pemberontak yang disebut sebagai Quilombos. Pembentukan kelompok ini dibangun dengan tujuan untuk melawan Portugis dan merebut kembali apa yang menjadi hak mereka.

Jenis-jenis Capoeira

Capoeira Angola. Salah satu jenis bela diri dari Capoeira adalah Capoeira Angola. Jenis Bela diri ini juga berasal dari Brasil, merupakan Capoeira pertama yang berhasil diciptakan. Walaupun jenis bela diri ini belum diresmikan secara legal, sekitar tahun 1941, Master Pastinha secara resmi membuka tempat pelatihan pertama yang disebut sebagai Centro Esportivo De Capoiera Angola.

Capoiera Regional. Ini mulai dikenal pada tahun 1920. Pada awalnya, Bela diri jenis ini merupakan seni bela diri Legal. Pelatihannya difokuskan pada serangan, menghindar serta serangan balasan.

Gerakan Capoeiera

Ginga. Capoeira memiliki berbagai macam jenis gerakan yang berbeda-beda, yang salah satunya disebut sebagai Ginga. Dalam ilmu bela diri, Ginga dilakukan sebagai persiapan untuk melakukan gerakan-gerakan yang lain seperti menyerang, menghindar dan gerakan lainnya.

Passape. Gerakan Capoeira yang satu ini biasa dikenal dengan sebutan meia lua de frente. Ini merupakan salah satu strategi untuk menyerang lawan menggunakan tendangan setengah putaran dengan arah dari luar kedalam. Passape biasanya menyerang muka dengan kombinasi gerakan semisal au atau armada.

Queixada. Gerekan ini hampir sama dengan Passape, tetapi kebalikannya. Tendangan ini memiliki arah putaran dari dalam keluar dan dengan sasaran yang sama yaitu wajah dan juga kepala. Tendangan memutar ini yang paling sering digunakan karena sangat mudah dipadukan dengan gerakan yang lain.

Armada. Gerakan yang menggunakan tendangan dengan memanfaatkan kekuatan otot yang dibarengkan dengan gerakan tubuh memutar sebelum gerakan tangan. Ini biasanya dilakukan dengan melihat lawan sebelum melakukan serangan.

Tidak sama dengan seni bela diri lainnya, Keunikan dari bela diri Capoeira biasanya dilakukan dengan diiringi musik seperti Berimbau Gunga, Berimbau Berra boi, Berimbau viola, Pandeiros, Atabaque, Agogo dan juga Reca-reco.

Next ArticleBingung Mencari Hadiah Valentine? Kami Siap Membantu Anda