Proses Terjadinya Gerhana Bulan

Gerhana bulan terjadi ketika bulan berada tepat di belakang matahari. Hal ini terjadi ketika matahari,dan bulan diselaraskan dengan posisi bumi ditengah. Oleh karena itu, gerhana bulan dapat terjadi hanya malam purnama. Jenis dan panjang gerhana tergantung pada lokasi bulan.

Tidak seperti gerhana matahari, yang dapat dilihat dengan memakai pelindung mata tertentu, gerhana bulan dapat dilihat dari mana saja pada malam hari. Gerhana bulan berlangsung selama beberapa jam, sedangkan gerhana matahari total berlangsung hanya beberapa menit, karena ukuran bayangan bulan lebih kecil. Juga tidak seperti gerhana matahari, gerhana bulan sangat aman untuk dilihat tanpa pelindung mata atau pencegahan khusus, karena lebih  redup.

Jenis gerhana bulan

Para astronom mengenali tiga jenis dasar gerhana bulan:
  • Penumbral Lunar Eclipse. Bulan melewati bayangan bumi penumbral.
  • Partial Lunar Eclipse. Sebagian dari bulan melewati bayangan bumi umbral.
  • Gerhana bulan total. Seluruh bulan melewati bayangan bumi umbral.

 

Bayang-bayang bumi dapat dibagi menjadi dua bagian yang berbeda: umbra dan penumbra. Dalam umbra, tidak ada radiasi matahari langsung. Namun, sebagai akibat dari ukuran sudut besar matahari, Hanya sebagian pencahayaan di bagian bayangan luar bumi, yang diberi nama penumbra.

Penumbral  terjadi ketika bulan melewati Bumi. Penumbra menyebabkan permukaan bulan gelap. Jenis penumbral gerhana adalah sebuah penumbral eclipse total, selama bulan terletak secara eksklusif dalam bumi. Gerhana Total penumbral jarang terjadi, dan bila ini terjadi, bahwa sebagian dari bulan yang terdekat ke umbra dapat muncul sefdikit lebih gelap.

Gerhana bulan parsial terjadi ketika hanya sebagian dari bulan memasuki umbra. Ketika bulan menuju ke bumi, umbra mengamati gerhana bulan total. Kecepatan bulan melalui bayangan adalah sekitar satu kilometer per detik (2.300 mph), dan totalitas dapat berlangsung hingga hampir 107 menit. Namun demikian, total waktu antara bulan yang pertama dan terakhir kontak dengan bayangan lebih lama, dan bisa bertahan hingga 4 jam. Jarak bulan dari bumi pada saat gerhana dapat mempengaruhi durasi gerhana. Khususnya, ketika bulan berada dekat dengan apogee, titik yang terjauh dari bumi.

 

 

Next ArticleMitos Dan Fakta Putri Duyung