Pohon Tempat Tinggal Favorit Para Hantu

Siapa yang pernah melihat langsung hantu, genderuwo, pocong dan kawan-kawan sejenisnya? Apa yang kamu lakukan ketika melihat atau bertemu hantu? Diam terpaku, teriak histeris, komat-kamit baca doa atau langsung kabur terbirit-birit?

Hantu adalah salah satu misteri dari dunia gaib atau astral yang memang masih jadi pro kontra. Ada yang percaya, ada yang tidak percaya. Bagi yang mempercayai keberadaan hantu, tentu juga akan mempercayai bahwa hantu juga seperti manusia, memiliki “kehidupan” di alam astral. Hantu juga butuh makan, minum, punya tempat tinggal.

Nah, kali ini saya akan dibahas mengenai tempat tinggal hantu, salah satunya di pohon. Dari sekian banyak pohon berkembang mitos di masyarakat dipercayai jika beberapa jenis pohon diyakini menjadi tempat tinggal atau sarangnya makhluk gaib. Apalagi jika pohon-pohon ini sudah berusia puluhan atau bahkan ratusan tahun, maka kerap dianggap sebagai pohon keramat. Pohon-pohon apa saja yang diklaim sebagai tempat tinggal makhluk gaib? Berikut pohon dan makhluk gaib yang menghuninya:

1. Pohon Beringin

Sama halnya dengan manusia, makhluk halus seperti jin juga memiliki dunianya sendiri. Termasuk juga tempat tinggal, lalu dimana sebenarnya mereka tinggal? Keberadaan mereka memang tak bisa dibuktikan dengan kasat mata karena mereka bersifat ghaib. Tapi ada sebagian besar orang yang percaya bahwa pohon beringin adalah tempat tinggal paling favorit, terutama untuk makhluk ghaib yang berwujud genderuwo. Apalagi jika pohon tersebut berusia ratusan tahun dan berukuran besar dengan akar-akar yang menggantung. Tak hanya itu, ada mitos yang berkembang di masyarakat, jika ada yang mencoba mengusik pohon ini, misalnya saja dengan memotong bagian akar tersebut, maka orang yang melakukannya akan sakit dan terganggu kejiwaannya.

2. Pohon Asam

Pohon asam juga masuk salah satu pohon yang mitosnya dijadikan tempat tinggal oleh para hantu. Tak hanya pohonnya yang besar, tapi juga umurnya yang tua membuat tempat ini jadi lebih angker. Contohnya seperti cerita yang dipercaya oleh masyarakat sekitar wisata bantimurung. Anda akan menemui pohon ini berjejer di sepanjang jalan antara pusat kota dan lokasi wisata. Masyarakat setempat percaya bahwa ada banyak makhluk halus menghuni pohon-pohon tersebut. Tak hanya itu, setiap terjadi kecelakan akan dihubung-hubungkan dengan ulah makhluk halus yang ada disana.

3. Pohon Sukun

Para hantu diyakini suka tinggal di pohon sukun, entah karena buahnya yang enak atau karena pohon ini besar dan rindang. Kebanyakan orang mengaku melihat hantu jenis pocong sering menampakkan diri di pohon sukun. Memang bentuknya yang tinggi besar dengan dedaunan yang rimbun, seakan membuat pohon ini terlihat angker. Banyak sekali cerita seputar pohon ini yang bisa membuat Anda merinding tak karuan. Ada yang mengaku pernah bertemu pocong, ada juga yang bertemu kuntilanak yang duduk-duduk pada batang pohon tersebut.

4. Pohon Ara

Jika dilihat selintas, pohon ara mirip dengan pohon beringin. Ini karena pohon ara masih termasuk kerabat pohon beringin dari genus yang sama yaitu genus Ficus. Pohon ara disebut juga pohon tin dan menghasilkan buah tin yang berwarna hijau serta merah muda dan ungu jika sudah matang. Kabarnya masyarakat mempercayai bahwa pohon ini sering menjadi tempat tinggal bagi segala macam jenis makhluk halus. Banyak yang mengatakan bahwa pohon ara mengandung aura mistis mirip seperti pohon beringin.

5. Pohon Bambu

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat jika banyak lingkungan sekitar tumbuh pohon bambu, maka disekitar lokasi tersebut banyak makhluk bersemayam. Pohon ini memang kerap dianggap sebagai tempat tinggal para hantu, apalagi jika pohonnya berada di dekat pemakaman atau tempat-tempat yang dianggap keramat. Dari segi tampilan saja, pohon bambu memang memiliki kesan angker. Pohon ini tumbuh bergerombol dan sangat rimbun karena bentuk pohon yang seperti inilah membuat masyarakat semakin yakin jika para makhluk halus sangat menyukai pohon bambu.

Legenda menceritakan, pernah suatu ketika disuatu kampung ada tukang ojek yang melihat sosok wanita berambut panjang yang sedang duduk di atas pohon bambu. Kabarnya ada juga yang melihat ada sosok tinggi besar dengan mata merah menyala. Dia duduk di atas pohon bambu dan terkadang menghalang-halangi orang yang lewat di jalan yang kebetulan bersebelahan dengan kebun bambu tersebut.

6. Pohon Waru

Dari sekian banyak nama makhluk halus, pasti Anda akrab dengan kuntilanak. Berbeda dengan genderuwo, kuntilanak juga punya tempat tinggal idaman menurut versinya sendiri. Hingga kini, masih ada orang khususnya masyarakat jawa yang mempercayai bahwa pohon waru adalah tempat tinggal kuntilanak. Pohon jenis ini memang banyak ditemui di Indonesia karena memang mempunyai segudang kegunaan sehingga banyak ditanam. Lalu apakah benar pohon waru adalah tempat tinggal kuntilanak? Silahkan buktikan sendiri

7. Pohon Pisang

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman dari suku Musaceae ini. Kita dapat dengan mudah menjumpai pisang dilingkungan masyarakat, terutama daerah yang masih memiliki area perkebunan dan persawahan. Selain buahnya yang sehat dan enak bila dimakan, konon pohon pisang menjadi tempat mangkal favorit bagi para makhluk gaib terutama pohon pisang yang berntuknya bergerombol. Konon banyak orang yang sering melihat sosok makhluk berwarna putih yang mengerikan atau sosok wanita berbaju putih di balik rimbunya pohon pisang.

Itulah beberapa pohon yang diyakini sebagai tempat tinggal favorit para hantu. Memang setiap orang memiliki pendapat berbeda, ada yang percaya ada juga yang tidak. Sebaiknya hal itu tidak membuat kita takut dan terganggu dengan pohon tersebut

Next ArticleSelingkuh? Ini Alasan Dan Penyebabnya