Penyakit Jantung Koroner Dapat Disebabkan Oleh

Ada banyak jenis penyakit yang dapat menyebabkan kematian, salah satunya adalah penyakit jantung. Banyak Penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit jantung koroner (PJK) dimulai dengan kerusakan pada lapisan arteri.

Faktor penyakit jantung termasuk:

  • Rokok
  • Tinggi lemak dan kolesterol dalam darah
  • Tekanan darah tinggi
  • Gula dalam darah
  • Radang pembuluh darah

Pembekuan darah dapat lebih lanjut mempersempit arteri dan memperburuk angina. Jika bekuan darah cukup besar, dapat menyebabkan serangan jantung.

Selain faktor di atas, tingkat estrogen rendah sebelum atau setelah menopause mungkin memainkan peran dalam menyebabkan penyakit jantung koroner.

Yang beresiko penyakit jantung

Perempuan umumnya memiliki faktor risiko penyakit jantung Koroner yang sama sebagai laki-laki. Namun, penyakit jantung koroner pada wanita sangat berbeda dengan laki-laki. Sebagai contoh, diabetes meningkatkan risiko penyakit jantung Koroner pada wanita. Juga, beberapa faktor risiko seperti pil dan menopause, hanya mempengaruhi perempuan.

Lebih dari 75 persen perempuan yang berusia usia 40 sampai 60 tahun memiliki resiko yang tinggi untuk penyakit jantung Koroner.

Faktor penyakit jantung koroner

Rokok

Merokok merupakan salah satu faktor yang sangat tinggi dengan risiko penyakit jantung. Merokok dalam waktu yang lama dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Merokok juga meningkatkan risiko bekuan darah yang terbentuk di arteri. Pembekuan darah dapat mempersempit plak arteri dan menyebabkan serangan jantung. Semakin banyak Merokok, semakin besar memiliki risiko serangan jantung.

Sindrom metabolik

Sindrom metabolik juga sebagai salah satu faktor sangat berisiko yang dapat menimbulkan penyakit jantung Koroner dan masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes dan stroke.

Pil KB

Perempuan yang mengambil pil yang mengontrol kelahiran memiliki risiko yang sangat tinggi untuk penyakit jantung Koroner, terutama yang berusia lebih dari 35 tahun.

Kurangnya kegiatan fisik

Orang-orang yang malas memiliki risiko dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit jantung Koroner. Kurangnya aktivitas fisik dapat memperburuk faktor risiko penyakit jantung Koroner lain, seperti darah tinggi dan kadar trigliserida, diabetes dan kelebihan berat badan.

Makanan yang tidak sehat

Makanan yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung Koroner. Sebagai contoh, makanan yang tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol LDL. Makanan tinggi natrium (garam) dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Makanan yang mengandung banyak gula dan makanan yang tanpa nutrisi seperti Vitamain dan Mineral akan memberi tambahan kalori dan dapat menyebabkan berat badan yang menimbulkan risiko penyakit jantung Koroner.

Terlalu banyak konsumsi alkohol dapat menyebabkan berat badan dan itu akan meningkatkan tekanan darah.

Stres atau depresi

Stres yang berlebihan juga dapat menyebabkan penyakit jantung Koroner. Stres dapat mempersempit serta meningkatkan tekanan darah dan juga tinggi dari risiko serangan jantung.

Anemia

Anemia adalah suatu kondisi di mana darah yang lebih rendah. Kekurangan darah juga dapat terjadi jika sel-sel darah merah tidak cukup hemoglobin. Hemoglobin ialah protein kaya zat besi yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh organ tubuh.

Jika tubuh kurang darah, Ini dapat menyebabkan jantung berfungsi lebih cepat yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung koroner.

 

Next ArticleMengenal Sebab Akibat Penyakit Ginjal