Pentingnya Mencuci Tangan Pakai Sabun, Menghindari Berbagai Penyakit

Hal sepele bisa saja akan menyebabkan kesehatan anda akan terganggu dengan tidak memperdulikan anjuran yang memang harus diterapkan dalam hidup, Misalnya seperti satu contoh kecilnya saja yaitu mencuci tangan dengan baik dan benar pada saat sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Meskipun hal semacam ini sangat lah sepele untuk dilakukan dan kebanyakan orang juga tidak menghiraukannya.

Mencuci Tangan dengan sabun merupakan salah satu cara terbaik untuk menghentikan penyebaran kuman, karena tidak cukup bila anda mencuci tangan hanya memakai air saja untuk membasmi kuman yang berada ditangan. Kebiasaan semacam ini pun memang sudah terbukti sangat penting untuk dilakukan dan memiliki peran yang sangat penting juga dalam membantu mencegah penyebaran kuman dan menurunkan jumlah manusia yang sakit diseluruh dunia, terutama bagi anak-anak.

jika anda adalah salah seorang yang tidak mengikuti anjuran tersebut, maka penyebaran kuman pun akan menyebar dan anda juga akan terjangkit penyakit melalui kuman yang sudah menyebar ditangan anda. Kalau memang hal ini tidak perlu dilakukan, tidak mungkin juga PBB mencanangkan Hari Cuci Tangan pakai Sabun Sedunia (HCTPS) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Global Handwashing Day yang jatuh pada tanggal 15 Oktober.

Peringatan yang sudah di berikan PBB tersebut, semata dilakukan untuk memeriahkan dan selalu memberikan peringatan dalam kebiasaan mencuci tangan dengan sabun pada setiap masyarakat yang ada di dunia ini. Hari peringatan dan metode yang dilakukan PBB tersebut juga memiliki tujuannya adalah Menurunkan tingkat kematian pada balita dan melakukan pencegahan terhadap berbagai penyakit infeksi yang berdampak pada kualitas hidup masyarakat yang akan menurun. Maka dari itu, jangan pernah mengabaikan hal yang sederhana tersebut. Agar anda tidak terserang kuman yang berada ditangan anda.

Langkah Mencuci Tangan Yang Benar

Lantas, langkah seperti apa yang bisa dilakukan masayarakat untuk mencuci tangan dengan benar? Tenang saja, karena ulasan ini akan menginfokan kepada anda, bagaimana mencuci tangan yang baik dan benar. Berikut dibawah ini adalah langkah yang bisa anda lakukan agar mencuci tangan dengan sabun yang wajib anda ketahui :

  • Buka keran air dan basahi kedua tangan Anda.
  • Gunakan sabun secukupnya dan oleskan ke kedua tangan Anda hingga menutupi seluruh permukaan tangan.
  • Gosokkan kedua telapak tangan Anda secara bergantian.
  • Jangan lupa untuk menggosok area di antara jari-jari tangan dan juga punggung tangan Anda hingga bersih.
  • Bersihkan pula ujung jari Anda secara bergantian dengan mengatupkannya.
  • Bersihkan kedua ibu jari tangan secara bergantian dengan menggenggam dan memutar ibu jari secara bergantian.
  • Lalu, letakkan ujung jari-jari Anda ke telapak tangan, kemudian gosok perlahan. Lakukan secara bergantian dengan tangan lainnya.
  • Setelah itu, bilas kedua tangan dengan air yang mengalir.
  • Segera keringkan kedua tangan Anda menggunakan handuk atau tisu kering yang bersih.
  • Gunakan handuk atau tisu tersebut untuk menutup keran air dan selesailah langkah mudah mencuci tangan dengan sabun yang bisa Anda lakukan di mana pun.

Sangat sederhana sekali bukan, kegiatan sederhana seperti diatas tidak mungkin untuk anda lewatkan karena akibatnya akan sangat fatal bagi kesehatan anda. Apalagi kalau anda mnegingat, bahwa biaya rumah sakit sekarang ini sangatlah mahal.

Nah, setelah anda sudah mengetahui dengan jelas dan memahami rangkuman diatas mengenai langkah yang bisa anda lakukan dengan mencuci tangan yang benar serta mencegah terjadinya penyebaran kuman yang berada ditangan anda. Selepas dati itu, saya juga ingin menganjurkan anda melalui artikel ini agar memilih sabun dan durasi yang memang sangat efektif dalam cuci tangan tersebut. Yuk, simak lebih lanjut lagi.

Sabun Dan Durasi Cuci Tangan

Dalam mencuci tangan yang benar juga sangat membutuhkan waktu yang sudah ditentukan selama minimal 20 detik untuk mencuci tangan anda hingga bersih dan efektif untuk mencegah penyebaran kuman tersebut. Jika anda memiliki seorang anak, maka ajarkanlah hal seperti ini agar tidak terjangkit infeksi. Dengan memiliih jenis sabun yang memang keperluannya untuk mencuci tangan.

Anda juga bisa mencuci tangan dengan sabung mandi, sabun biasa, sabun antiseptik dan sabun cair juga bisa untuk membersihkan tangan anda. Akan tetapi, ada lebih baiknya lagi jika anda mencuci tangan menggunakan sabun antibakteri ataupun antiseptik yang lebih efektif lagi untuk membunuh kuman dengan baik. Lantas bagaimana bila tidak ada air dan sabun yang tersedia.

Tenang saja, karena anda juga bisa menggunakan tisu antibakteri disaat keadaan yang terpaksa. Karena sangat dipercaya juga bahwa tisu antibakteri mampu mengurangi jumlah bakteri yang berada ditangan anda. Jika tidak ada tisu antibakteri, maka anda juga bisa mengggunakan carian pembersih tangan yang mengandung alkohol juga bisa menngusir kuman menskipun tidak sepenuhnya, namun untuk sementara anda bisa melakukannya dengan cairan pembersih yang mengandung alkohol tersebut.

Tidak hanya sampai disitu saja, ada lagi yang harus anda ingat juga. Bahwa mencuci tangan dengan menggunakan sabun yang mampu menghilangkan kuman dan akan menurunkan resiko terkena penyakit. Dibandingkan anda hanya mencuci tangan dengan menggunakan air saja, karena hal tersebut tidak cukup untuk mencegah penyebaran kuman serta membasmi kuman yang berada ditangan anda.

Setelah itu, saya juga sudah merangkum bahayanya tidak mencuci tangan bagi kesehatan anda. Tidak ada salahnya untuk anda mengetahui dan memahami bahaya yang akan anda terima bila tidak melakukan anjuran yang sangat sederhana juga untuk anda lakukan. Agar anda mengerti, betapa pentingnya mencuci tangan tersebut.

Bahaya Tidak mencuci tangan

Tentu saja, dengan apa yang sudah anda lakoni dalam kehidupan sehari-hari. Sudah pasti sangat berhubungan dengan yang namanya kuman. Apalagi kalau anda mengingat, bahwa kuman yang berada ditangan sangat mudah menyebar dan berpindah ke bagian mulut ketika anda makan. Hal semacam ini pun sangat memungkinkan kesehatan anda akan terancam terhadap kuman yang sudah menyebar.

Aktivitas cuci tangan yang sangat sederhana ini merupankan salah satu cara terbaik untuk melindungi diri beserta keluarga anda dari berbagai penyakit yang akan disebar oleh kuman. Jika anda membiasakan cuci tangan dengan menggunakan sabun, maka anda sudah mengurangi jumlah penderita penyakit diare sebesar 31% dan mengurangi penyakit pernapasan seperti pilek sebesar 16-21% setiap harinya.

Agar anda lebih menerima bahwa Cuci Tangan mampu menjaga kesehatan serta mencegah apa yang akan diakibat oleh kuman jahat tersebut. Berikut dibawah ini beberapa bahaya ketika anda tidak mencuci tangan :

  • Umumnya, orang sering menyentuh mata, hidung, dan mulut mereka tanpa disadari. Hal itu bisa membuat kuman dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui ketiga area yang Anda sentuh tadi. Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dapat mencegah Anda terkena penyakit diare, infeksi saluran pernapasan, serta infeksi kulit dan mata.
  • Ketika Anda makan tanpa mencuci tangan, kuman yang berada di tangan bisa saja masuk ke minuman dan makanan, baik saat Anda mulai menyiapkan makanan atau saat mengonsumsinya. Kuman dapat berkembang biak pada beberapa jenis makanan dan minuman, yang kemudian dapat membuat Anda jatuh sakit.
  • Kuman dari tangan yang tidak dicuci, tentunya dapat berpindah ke benda lain. Misalnya, mainan, gagang pintu, atau permukaan meja.

Setelah itu, anda juga bisa melakukan cuci tangan setelah melakoni aktifitas keseharian anda dan sangat penting juga untuk anda menyimak lebih lanjut lagi, bahwa pada keadaan yang akan saya sebutkan dibawah ini adalah sangat diharuskan bagi anda untuk mencuci tangan. Lantas, diwaktu kapan saja anda bisa menerapkan untuk mencuci tangan? Berikut dibawah ini juga anda diharuskan untuk mencuci tangan dengan sabun pada keadaan-keadaan berikut ini :

  • Sebelum makan.
  • Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan.
  • Sebelum dan sesudah merawat seseorang yang sedang sakit.
  • Sebelum dan sesudah merawat luka.
  • Setelah menggunakan toilet.
  • Setelah mengganti popok atau membersihkan Si Kecil sehabis menggunakan toilet.
  • Setelah bersin atau batuk.
  • Setelah menyentuh sampah.
  • Setelah menyentuh atau membersihkan kotoran hewan.

Setelah mengetahui pentingnya mencuci tangan dengan sabun, ada baiknya Anda segera mempraktikkan langkah mudah mencuci tangan yang telah dipaparkan di atas. Cuci tangan dengan benar tidak sekadar untuk memperingati Global Handwashing Day setiap tanggal 15 Oktober saja, namun menjadikan cuci tangan sebagai suatu kebiasaan sehari-hari pastinya dapat membantu menghindarkan anda dan keluarga dari penyakit dan kuman yang selalu mengintai.

Jika anda masih ragu untuk melakukan aktifitas sederhana tersebut, maka saya juga ada tambahan yang sudah saya rangkum menjadi satu, agar anda tidak melewatkan sehari tanpa cuci tangan tersebut. Yuk simak sedikit lagi rangkuman yang sudah saya rangkum dibawah ini :

Penyakit Yang Ditimbulkan

Ternyata sangat banyak penyakit yang akan menyerang dan ditimbulkan akibat dari tidak melakukan cuci tangan dengan sabun serta cara yang baik. Kalau anda tidak percaya, dibawah ini saya akan menjelaskannya melalui artikel ini. Berikut dibawah ini berbagai penyakit yang akan ditimbulkan melalui kuman :

Diare

Diare (atau dalam bahasa kasar disebut menceret) (BM = diarea; Inggris = diarrhea) adalah sebuah penyakit di mana tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam . Di negara berkembang, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya. Biasanya penyakit diare disebabkan oleh Bakteri E. coli.

Cacingan

Cacingan dalam istilah sehari-hari, adalah kumpulan gejala gangguan kesehatan akibat adanya cacing parasit didalam tubuh. Penyebab cacingan yang populer adalah cacing pita, cacing kremi, dan cacing tambang. Biasanya cacing bisa dengan mudah menular.

Demam Biasa

Beberapa orang dengan flu, terutama orang yang lebih tua dan orang dengan masalah medis yang kronis, dapat berkembang menjadi pneumonia (radang paru-paru). Kombinasi flu dan pneumonia, bahkan merupakan penyebab kematian ketujuh diantara warga Amerika. Kebersihan tangan yang kurang juga menyebabkan penyakit terkait makanan seperti infeksi Salmonella dan E.coli.

Infeksi Mata

Banyak orang menyepelekan infeksi mata. padahal, infeksi mata apabila terlalu sering terjadi, tidak menutup kemungkinan mata anda akan mengalami kebutaan. Kita sebagai orang-orang yang mencintai orang terdekat kita harus mengkiatkan, mengajak dan mengingatkan untuk mencuci tangan.

Kesimpulan

Mencegah lebih baik dari pada mengobati” Kata-kata tersebut sangatlah pantas untuk dilontarkan bagi anda yang masih saja melewatkan untuk mencuci tangan dengan sabun. Apalagi PBB sudah mencanangkan hari cuci tangan menggunakan sabun sedunia. Merugilah anda jika akan ada akibat yang anda rasakan jika tidak melakukan cuci tangan dengan sabun tersebut.

Sampai disini sajalah perjumpaan kita pada artikel kali ini yang membahas dengan tuntas mengenal lebih dalam lagi cuci tangan yang sangat baik untuk kesehatan beserta akibat dari tidak melakukan aktifitas sederhan tersebut. Semoga bisa memberikan faedah yang begitu besar bagi para pembaca sekalian dalam menjaga kesehatan. Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasihi atas waktu dan perhatiaannya dalam membaca artikel ini.