Quokka, Hewan Menggemaskan Yang Murah Tersenyum

Bila berbicara mengenai binatang khas Australia, pasti kalian akan langsung mengingat Kangguru atau Koala. Apa hanya dua binatang ini yang kalian tahu sebagai maskot Australia? Nah, untuk dari itu kalian harus mengetahui hewan atau binatang unik yang satu ini karena binatang ini tidak dapat kalian temuin di negera lain terkecuali di kebun binatang yang besar dan hanya kebun binatang di wilayah Australia yang mungkin memiliki binatang ini.

Quokka dijuluki hewan paling bahagia di dunia karena terlihat selalu tersenyum dalam keadaan apapun bahkan ketika ia sedang tidur. Quokka berbobot 2,5 sampai 5 kilogram dengan panjang 40 sampai 90 cm dan panjang ekor sekitar 25 sampai 30 cm. Mereka memiliki kantung tubuh yang kekar, telinga bulat pendek dan kepala yang lebar. Meski terlihat seperti kanguru kecil yang imut, Quokka dapat memanjat pohon kecil dan semak-semak.

Mereka dapat ditemukan di beberapa pulau-pulau kecil di pantai Australia Barat, khususnya di Pulau Rottnest di pantai Perth dan di pulau Bald. Pulau-pulau ini bebas dari predator mereka yaitu rubah dan kucing. Meskipun populasi Quokka banyak di pulau-pulau kecil di pantai.

Quokka pertama kali ditemukan oleh Williem de Vlamingh, ia mengira melihat sebuah tikus besar. Maka dari itu pulau tempat ditemukan Quokka itu disebut Rottnest Island – rott dalam bahasa Jerman disebut tikus. Williem adalah orang Eropa yang mengembara untuk mencari pulau-pulau tersembunyi. Kata-kata Quokka sendiri diambil dari bahasa asli Australia, yaitu bahasa Nyungar. Sama halnya dengan kangguru, Quokka sering berjalan atau melompat dengan 2 kaki belakangnya dan memiliki kantung di perutnya yang berfungsi untuk tempat menyimpan anaknya. Sama seperti kangguru kan guys?

Satu hal yang unik dari Quokka adalah binatang ini tidak pernah berhenti tersenyum. Wisatawan yang berkunjung ke Rottnest Island selalu menyempatkan berfoto selfie dengan binatang lucu ini. Bagaimana tidak, quokka selalu tersenyum saat di foto dan seolah-olah mereka ikut menunjukkan kecerian yang sama seperti ekspresi pengunjung. Dan hal yang unik lainnya ialah Quokka tidak pernah keberatan untuk selalu memandang kamera. Terlihat dari foto-foto yang di ambil dari kamera pengunjung yang mengabadikan gambar binatang ini, maka Quokka jarang membelakangi kamera, mereka akan mendekati kamera dan menjadi objek yang paling menonjol dari foto kalian. Bahkan ada hashtag tersendiri yaitu #quokkaselfie yang bertebaran di dunia maya, mulai dari Twitter sampai Instagram dengan mudah melihat beberapa anak muda selfie dengan Quokka.

Yang perlu kalian ketahui juga, Quokka tidak boleh dipegang terlebih dipelihara. Quokka termasuk binatang yang cocok hidup di alam bebas karena walaupun mereka lucu dan menggemaskan tetapi Quokka merupakan binatang yang agresif, namun jika kalian hanya mendekatinya tidak masalah. Di Rottnest Island pun ada undang-undang Australia yang melarang untuk memelihara Quokka. Bahkan didalam penangkarannya di Rattnest Island, jika kalian ketahuan memegang Quokka, kalian harus siap-siap akan didenda 300 dolar!

Kenapa demikian? Ternyata Quokka merupakan hewan yang sangat sensitif, mulai dari bau, sentuhan sampai makanan. Hanya orang-orang dari penangkaran di Rattnest Island lah yang bisa memegang Quokka. Jika kalian melihat #selfiequokka, maka tidak ada selfie yang memegang Quokka bukan?

Tidak ada penjelasan secara ilmiah mengenai Quokka yang bisa tersenyum selamanya. Yang unik adalah dia mempunyai tekstur mulut yang selalu tersenyum. Jadi bagaimana emosi dari Quokka, dapat dipastikan dia akan tersenyum. Bahkan ada foto ketika Quokka tidur dan diapun tersenyum. Menurut informasi ketika pertama kali ditemukan, Quokka sudah tersenyum. Bahkan karena terkenal dengan senyumannya, ada yang menjuluki bahwa senyuman dari Quokka seperti senyuman sang Monalisa. Jawaban yang pasti adalah Quokka tesenyum karena proses evolusi.

Gimana, tertarik untuk selfie dengan Quokka yang lucu dan menggemaskan ini?

Next ArticleMengejutkan, Ternyata Makanan Sehat Ini Mengandung Racun