Mengetahui Asal Dan Keunikan Ikan Cupang

Ikan cupang adalah ikan kecil yang dikenal sebagai Ikan Aduan. Pada awalnya, Ikan cupang bukanlah ikan aduan, melainkan Ikan hias. Jika ikan cupang jantan disatukan dengan ikan cupang jantan lainnya akan saling bertentangan atau saling menyerang satu sama lain. Maka sampai sekarang ini, Ikan cupang dijadikan sebagai ikan Aduan.

Ikan Cupang memiliki berbagai jenis seperti Ikan Cupang biasa dan ikan Cupang hias. Ikan cupang biasa adalah ikan cupang yang dijadikan sebagai pertarungan dengan tekstus memiliki ekor yang tidak panjang dan dengan tubuh yang sedikit kecil. Sedangkan ikan cupang hias memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan ikan cupang biasa. Selain itu, Ikan cupang hias juga memiliki corak warna yang bervariasi serta dengan ekor yang hampir mencapai sama dengan ukuran tubuhnya serta dengan kepala yang agak sedikir besar.

Untuk pertama kalinya ikan Cupang ditemukan di Asia tenggara. Biasanya ikan cupang terdapat di persawahan, dan juga Parit. Pada umumnya, Ikan cupang sama dengan ikan-ikan lainnya. Ikan cupang sering dan tahan tinggal di bawah air berlama-lama dan jika ingin mengambil Oksigen, Ikan cupang akan naik keatas air. Ikan cupang yang sudah beredar di seluruh Indonesia sudah sejak lama menjadi peliharaan yang suka dengan ikan uang unik ini. Untuk makanan ikan cupang, biasanya diberikan Jentik nyamuk, Cacing sungai serta kutu air. Selain itu, Ikan cupang juga mempunyai kemampuan yang dapat bertahan diluar air dengan menghirup udara yang ada disekitar.

Pada awal ikan cupang ditemukan, Ikan cupang diberi nama sebagai Bettah yang berarti pejuang. Ikan yang dikenal sebagai ikan petarung menjadi sangat populer pada pertengahan tahun 1800-an bahkan begitu terkenal di negara Thailand yang diperlombakan dengan taruhan berdasarkan kekuatan ikan.

Untuk menandakan ikan yang kalah dalam bertarung, Dalam perlombaannya, salah satu ikan jika lari atau menghindari serangan serta seluruh tubuh ikan sudah tidak diyakinkan lagi untuk bertarung maka ikan tersebut dianggap kalah.

Untuk memberikan makanan yang baik pada ikan cupang, Sebaiknya ikan cupang diberi makanan Pelet dan Udang untuk meningkatkan Warna pada ikan cupang serta dapat bertahan hidup lebih lama karena makanan tersebut mengandung Vitamin dan Mineral.

Tidak seperti ikan lainnya, Ikan cupang jantan merupakan ikan yang sangat Agresif karena ikan Cupang memiliki daya tarung yang sangat tinggi dengan saling menyerang satu sama lain. Sebagai tempat tinggal, Ikan cupang lebih suka hidup sendirian dan selalu mencari tempat yang nyaman.

Untuk menjaga kebersihan air pada wadah dimana ikan Cupang ditempatkan, Sebaiknya ambil sepertiga air jika ingin menggantinya dengan air yang bersih dan segar. ini akan membuat ikan Cupang bisa menyesuaikan suhu pada Air. Dalam pergantian Air, Setidaknya dilakukan 3 atau 4 hari sekali dan jangan menggunakan Sabun atau pembersih lainnya karena dapat membahayakan ikan. Untuk membersihkan Wadah ikan cupang, Sebaiknya menggunakan Air hangat.

Keunikan ikan cupang

Ikan cupang lebih suka air hangat dengan kandungan asam yang lebih sedikit. Karena air dingin dapat mempengaruhi kesehatan dan dapat menyebabkan penyakit.

Ikan cupang memiliki tekstur ekor yang berbeda-beda. Tekstur ekor yang paling sering ditemukan pada ikan Cupang adalah Ekor Cadar dan tekstur ekor lainnya seperti Half Moon dan Ekor Ganda. Biasanya ikan Cupang memiliki sirip yang pendek dengan gaya ekor yang kembang jika bertarung.

 

Next ArticleJakarta Dengan Masjid Yang Terkenal