Mengenal Lebih Dalam Penyakit Pneumotoraks

Paru-paru merupakan organ tubuh yang sistem kerja pernapasan (respirasi) dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara. Fungsinya yang menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Prosesnya disebut “pernapasan eksternal” atau bernapas. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih detail lagi mengenai paru-paru dan penyakitnyaagar anda bisa menjaga paru-paru, setelah membaca artikel yang sudah saya kupas secara tuntas.

Tahukah anda bahwa paru-paru juga bisa rapuh dan roboh akibat seorang manusia tidak menjaga dengan baik paru-parunya. Nah, bacalah artikel ini supaya anda bisa menjaga dan menghargai pemberian Tuhan yang tak ternilai harganya. Dengan menjaga seluruh anggota tubuh anda, berarti dengan demikian anda sudah bersyukur atas pemberian yang maha kuasa. Yuk mari, mengenal lebih dalam lagi penyakit paru-paru yang rapuh dan roboh.

Pneumotoraks (noo-moe-THOR-aks) adalah paru-paru yang sudah rapuh atau roboh. Pneumotoraks terjadi saat udara bocor ke ruang antara paru-paru dan dinding dada Anda. Udara ini mendorong bagian luar paru-paru Anda dan membuatnya rapu sehingga akan mengakibatkan roboh. Dalam kebanyakan kasus sepeti ini, hanya sebagian paru yang ambruk. Sebelum hal seperti ini terjadi, sebaiknya anda mengenal gejala dari Pneumotoraks tersebut.

Gejala Pneumotoraks

Gejala utama Pneumotoraks adalah nyeri dada mendadak dan sesak napas. Tapi gejala ini bisa disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan dan beberapa bisa mengancam nyawa. Jika nyeri dada Anda parah atau pernapasan menjadi semakin sulit, segera dapatkan perawatan darurat. Pneumotoraks dapat disebabkan oleh luka dada yang tumpul atau tembus, prosedur medis tertentu atau kerusakan akibat penyakit paru-paru yang mendasarinya atau mungkin terjadi tanpa alasan yang jelas. Gejala biasanya meliputi nyeri dada mendadak dan sesak napas.

Pada beberapa kesempatan, paru-paru yang roboh atau rapuh bisa menjadi peristiwa yang mengancam jiwa anda juga. Pengobatan untuk Pneumotoraks biasanya melibatkan penyisipan tabung fleksibel atau jarum diantara tulang rusuk untuk menghilangkan kelebihan udara. Namun Pneumotoraks kecil bisa sembuh dengan sendirinya.

Penyebabnya

Ada juga beberapa penyebab dari penyakit Pneumotoraks yang bisa anda ketahui. Dengan mengetahui penyebabnya mungkin anda bisa untuk menghindarinya serta menjaga kesehatan paru-paru anda. Berikut dibawah ini Pneumotoraks dapat disebabkan oleh :

  • Cedera dada: Cedera tumpul atau tembus di dada Anda dapat menyebabkan keruntuhan paru-paru. Beberapa luka mungkin bisa saja terjadi seperti kecelakaan mobil, sementara yang lain mungkin secara tidak sengaja terjadi selama prosedur medis yang melibatkan penyisipan jarum ke dada.
  • Penyakit paru-paru. Jaringan paru-paru yang rusak cenderung akan menjadi rusak. Kerusakan paru-paru dapat disebabkan oleh berbagai jenis penyakit yang mendasarinya, termasuk penyakit paru Obstruktif kronik (PPOK), fibrosis kistik dan pneumonia.
  • Pecahnya gelembung udara. Gelembung udara kecil bisa berkembang pada bagian atas paru. Gelembung – gelembung ini kadang bisa pecah sehingga menyebabkan udara masuk ke dalam rongga di sekitar paru.
  • Ventilasi mekanik : Tipe Pneumothorax berat bisa terjadi pada orang yang membutuhkan bantuan medis untuk bernapas. Ventilator bisa membuat ketidakseimbangan tekanan udara dalam dada sehingga menyebabkan paru menjadi kolaps.

Ada juga terdapat faktor-faktor yang membuat seseorang akan lebih gampang mengalami semacam penyakit Pneumotoraks tersebut. Berikut Faktor-faktornya dibawah ini:

Faktor Penyakit Yang Mempengaruhi

  • Secara umum adalah seks atau jenis kelamin anda, pria jauh lebih mungkin memiliki pneumotoraks daripada wanita.
  • Merokok adalah menjadi salah satu faktor Resiko yang akan semakin meningkat seiring dengan lamanya waktu dan jumlah rokok yang dihisap.
  • Usia. Jenis pneumotoraks yang disebabkan oleh lepuh udara yang pecah kemungkinan besar terjadi pada orang berusia antara 20 dan 40 tahun, terutama jika orang tersebut sangat tinggi dan kurus.
  • Genetika Beberapa jenis pneumotoraks tampak berjalan dalam keluarga.
  • Penyakit paru-paru. Memiliki penyakit paru-paru yang pada awalnya. terutama penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) membuat paru-paru yang roboh lebih mungkin terjadi.
  • Ventilasi mekanis. Orang yang membutuhkan ventilasi mekanis untuk membantu pernapasan juga akan berisiko tinggi terkena Pneumotoraks.

Pada sebelumnya, siapa pun yang menderita penyakit Pneumotoraks sangatlah berpengaruh terhadap orang lain dengan cara penularan. Pneumotoraks secara umum didiagnosis dengan menggunakan pemeriksaan sinar X (rontgen) dada. Pada beberapa kasus, computerized tomography (CT) scan bisa dibutuhkan untuk menghasilkan gambaran yang lebih jelas. CT scan menggabungkan gambaran sinar X dari berbagai arah yang berbeda untuk menghasilkan gambaran struktur dalam yang lebih jelas.

Pengobatan Pneumotoraks

Tentunya yang menjadi tujuan utama dengan mengobati pneumotoraks adalah untuk meringankan tekanan pada paru-paru Anda serta memungkinkannya untuk berkembang kembali. Bergantung pada penyebab pneumotoraks, tujuan kedua adalah mencegah rekurensi. Metode untuk mencapai tujuan ini bergantung pada beratnya keruntuhan paru-paru yang terkadang terjadi pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Pengamatan

Jika hanya sebagian kecil paru-paru Anda yang roboh, dokter pastinya akan hanya memantau kondisi Anda dengan serangkaian sinar-X dada sampai kelebihan udara benar-benar diserap dan paru-paru Anda telah kembali berkembang. Biasanya hal seperti ini memerlukan waktu dalam satu atau dua minggu. Oksigen tambahan bisa mempercepat proses penyerapan. Berikut dibawah ini adalah cara pengobatan melalui medis :

Penyisipan Tabung Jarum Pada dada

Jika area paru-paru anda sudah terlalu besar kemungkinannya telah roboh, kemungkinan jarum atau tabung dada akan digunakan untuk menghilangkan kelebihan udara. Jarum atau tabung berongga disisipkan di antara tulang rusuk ke dalam ruang yang penuh dengan udara yang menekan paru-paru yang roboh.

Dengan menggunakan jarum, semprit dilekatkan sehingga dokter dengan mudah bisa mengeluarkan kelebihan udara. Seperti jarum suntik yang digunakan untuk menarik darah dari pembuluh darah. Tabung dada dapat dilekatkan pada alat isap yang secara terus menerus mengeluarkan udara dari rongga dada. Nah inilah gunanya dokter yang berada di rumah sakit dan bertugas menyembuhkan semua pasiennya.

Operasi

Jika tabung dada tidak memecahkan masalah anda, dengan memilih opsi operasi mungkin diperlukan untuk menutup kebocoran udara. Dalam kebanyakan kasus seperti ini, pembedahan dapat dilakukan melalui sayatan kecil, dengan menggunakan kamera serat optik kecil dan alat bedah yang rumit dan panjang. Dokter bedah akan mencari Kleb yang bocor dan menutupnya. Sehingga tidak akan ada kebocoran lagi pada paru-paru anda.

Dalam beberapa kasus, zat dapat digunakan untuk mengiritasi jaringan di sekitar paru-paru sehingga mereka tetap berseteru dan menutup kebocoran. Sangat Jarang para ahli bedah harus membuat sayatan yang lebih besar antara tulang rusuk untuk mendapatkan akses yang lebih baik ke kebocoran udara multipel atau lebih besar.

Nah, setelah anda sudah mengetahui segalanya mengenai Penyakit Pneumotoraks. Sebisa mungkin, cobalah untuk melakukan aktivitas yang sehat, sehingga tidak mengalami penyakit semacam ini. Semoga juga artikel ini bisa memberikan satu manfaat yang benar-benar berguna bagi semua kaum yang membaca artikel ini. Akhir kata saya ucapkan banyak terimakasih atas waktu dan perhatian.

Next ArticleMenyembah Dewi Cinta, Ritual Seks Teraneh di Negara Haiti