Mengejutkan, Ternyata Makanan Sehat Ini Mengandung Racun

Makanan adalah bahan yang biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan yang dimakan oleh manusia untuk mendapatkan tenaga dan nutrisi. Setiap manusia membutuhkan makanan, tanpa makanan manusia akan sulit dalam mengerjakan aktivitas sehari-harinya. Makanan dapat membantu manusia dalam mendapatkan energi, membantu pertumbuhan badan dan otak. Memakan makanan yang bergizi akan membantu pertumbuhan manusia, baik otak maupun badan. Setiap makanan mempunyai kandungan gizi yang berbeda. Protein, karbohidrat dan lemak adalah salah satu contoh gizi yang akan didapatkan dari makanan.

Setiap jenis gizi mempunyai fungsi yang berbeda. Karbohidrat merupakan sumber tenaga sehari-hari. Salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi. Protein digunakan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan, baik otak maupun tubuh. Lemak digunakan oleh tubuh sebagai cadangan makanan dan cadangan energi. Lemak akan digunakan saat tubuh kekurangan karbohidrat dan lemak akan memecah menjadi glukosa yang sangat berguna bagi tubuh saat membutuhkan energi.

Makanan memang kebutuhan yang harus dipenuhi untuk tetap bertahan hidup. Namun dalam mengkonsumsi makanan kita juga tidak boleh sembarangan, selain kita harus memperhatikan kandungan gizi pada makanan tersebut, kita juga harus memastikan apakah makanan tersebut benar-benar aman untuk kita konsumsi. Hal ini dikarenakan ada beberapa makanan yang tanpa kita sadari ternyata makanan tersebut beracun dan dapat membahayakan kesehatan tubuh kita.

Berikut ini daftar makanan sehari-sehari yang ternyata beracun :

1. Sayur Bayam

Makanan popeye ini emang terkenal punya kandungan zat besi tinggi yang baik buat tubuh kamu. Tapi katanya sayur ini juga bisa berbahaya lho kalo kamu salah cara mengonsumsinya. Banyak yang menyebut kalo byam itu gak boleh dimakan lagi kalau udah terlalu lama dimasak atau udah dipanasin berulang-ulang. Karena kalo udah terlalu lama bereaksi sama udara, zat besi itu bakal berubah jadi senyawa Fero yang bersifat racun bagi tubuh. Begitu juga sama kandungan senyawa nitrat yang ketika teroksidasi akan berubah jadi nitrit yang juga bersifat racun.

2. Kacang Merah

Kacang merah merupakan salah satu bahan makanan yang digemari oleh masyarakat Indonsia. Kacang merah memiliki rasa yang enak, selain itu kacang merah juga memikiki banyak manfaat untuk tubuh seperti sumber nabati, mengatur kadar gula dalam darah dan lain sebaginya. Namun meskipun demikian, kacang merah juga tetap harus anda waspadai. Hal ini dikarenakan kacang merah ternyata juga mengandung racun lectin yang cukup besar. Dengan mengkonsumsi 3 biji kacang merah mentah saja sudah akan membuat muntah-muntah serta diare. Oleh sebab itu, sebelum anda mengkonsumsi kacang merah, baiknya anda pastikan kacang merah yang akan anda konsumsi benar-benar sudah matang dan aman.

3. Cheri

Ceri merupakan buah imut yang kerap dijadikan sebagai hiasan unik makanan atau kue. Ceri juga kerap dijadikan sebagai manisan. Namun tahukah anda jika ceri ternyata mengandung racun hidrogen sianida. Racun ini terdapat pada biji ceri dan jika terkunyah atau tertelan dapat menyebabkan pusing, kebingungan hingga muntah-muntah. Namun kadar racun hidrogen yang tinggi dapat menyebabkan sulit bernafas, kenaikan tekanan darah, detak jantung tak normal hingga gagal ginjal.

4. Daging Ayam

Daging Ayam ini hampir sama dengan jamur. Jika ayam mengalami proses pemanasan yang berulang akan mengakibatkan perubahan komposisi proteinnya. Jika anda ingin menghangatkan kembali, lakukan pemanasan pada api kecil dan waktu yang relatif cukup singkat. Dengan cara tersebut dapat meminimalkan rusaknya zat gizi yang terdapat pada daging ayam.

5. Cabai

Cabai merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib ada dalam setiap masakan.Semua orang pasti pernah mengkonsumsi cabai. Namun ternyata cabai juga mengandung racun yaitu racun capsaicin, racun inilah yang membuat cabai terasa pedas. Zat kimia ini cukup keras dan dapat digunakan untuk menghilangkan cat, bila terkena mata dapat menyebabkan kebutaan. Mengkonsumsi cabai berlebihan dapat menyebabkan perut mulas, diare dan gangguan pencernaan lainnya.

6. Kacang Almond

Sudah tak perlu diragukan lagi akan manfaat kacang almond untuk kesehatan. Namun meskipun demikian, ternyata almond masuk dalam daftar makanan beracun. Almon mengandung racun sianida seperti halnya apel. Almond akan sangat berbahay jika tidak dipanaskan atau diproses terlebih dulu. Oleh sebab itu almond dilarang dijual belikan jika tanpa pemprosesan terlebih dulu.

7. Jamur

Sudah bukan rahasia lagi jika jamur merupakan makanan yang beracun. Namun meskipun demikian, banyak orang yang suka mengkonsumsi jamur. Memang ada beberapa jenis jamur yang aman untuk kita konsumsi, namun kita juga harus tetap waspada dengan jamur, karena sebagian besar jamur beracun bahkan racun jamur dapat menyebabkan kematian.

8. Kentang

Kentang merupakan sayuran yang mengandung solanin yaitu bahan kimia yang memiliki rasa pahit yang termasuk dalam keluarga alkeloid, sekelompok dengan bahan kimia tumbuhan beracun macam nikotin, kokain, morfin dan kuinin. Kentang dengan kulit hijau memiliki tingkat racun yang sangat tinggi. Meskipun sangat jarang, namun kematian disebabkan oleh racun kentang juga pernah terjadi.

9. Beras

Bagi masyarakat Indonesia, beras atau nasi merupakan makanan pokok yang tak tergantikan. Beras kaya akan karbohidrat sehingga baik sekali untuk sumber energi tubuh kita. Namun tahukah anda jika ternyata beras juga mengandung racun. Beras mengandung racun arsenik, namun biasanya racun tersebut terdapat pada beras dengan ukuran panjang. Meskipun tak berdampak besar, namun mengkonsumsi racun arsenik dalam kadar tinggi dapat menyebabkan kanker.

10. Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh kita, namun apel juga mengandung racun berbahaya yang dapat menyebabkan kita muntah-muntah atau diare. Namun anda tak perlu khawatir, racun tersebut terdapat pada biji apel. Jadi sebaiknya anda buang biji apel saat mengkonsumsi apel.

Demikianlah informasi tentang daftar makanan sehari-sehari yang ternyata beracun. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih

Next ArticleKumpulan Iblis Terkuat Dan Terkenal Di Dunia