Kisah Kerajaan Siliwangi

Pada abad 1400, Kerajaan Jawa barat mulai muncul beserta Tokoh-tokoh kerajaan. Pada saat itu, kerajaan jawa barat memiliki raja yang bernama Prabu siliwangi.

Berdasarkan Kitab Suci Suwasit, Pangeran Pamanah Rasa adalah seorang putra dari Prabu Anggararang yang memiliki kekuatan yang sangat tinggi. Ketika ayah dari Pangeran Pamanah Rasa meninggal, Kemudian Pangeran Pamanah Rasa menggantikan posisi ayahnya sebagai Prabu.

Ketika Prabu Pamanah Rasa atau Prabu Siliwangi menjadi raja, ia selalu melakukan perjalanan dan mengunjungi pedesaan lain yang ada di Jawa. Pada suatu hari, Prabu Siliwangi mengunjungi desa majalengka dan bertemu dengan Harimau putih dan menyerang Prabu siliwangi dan Prabu siliwangi pun melawan serangan Harimau putih tersebut. Pada akhir pertarungan, Harimau putih tersebut kalah dengan kekuatan prabu siliwangi dan Harimau putih tersebut menjadi pengikut Prabu Siliwangi.

Saat kekalahan harimau putih dan menjadi pengikut, Prabu siliwangi mengubah nama kerajaan menjadi kerajaan Padjajaran.

Selain seorang penguasa, Prabu Siliwangi memiliki harimau, yang selalu setia menemaninya. Menurut mitos yang berkembang, Harimau sangat jinak kepada Prabu siliwangi dan selalu mematuhi perintah raja dan juga sebagai pengawal pribadi sang raja.

Pada saat Prabu Pamanah Rasa menikah dengan Ratu Nyi Subanglarang, Prabu Pamanah Rasa mengubah namanya menjadi Prabu Siliwangi. Istrinya yang bernama Nyi Subanglarang memiliki seorang anak yang bernama Pangeran Kian Santang dan disebut sebagai Pangeran Cakrabuana. Selain itu, Nyi Subanglarang juga memiliki seorang putri yang bernama Rara Santang.

Setelah dewasa, Raden Kiansantang kemudian menyebarkan agama Islam di seluruh daerah Jawa Barat. Meskipun ia berhasil melakukannya, Raden Kiansantang mengubah keyakinan ayahnya memeluk agama hindu. Untuk menghindari konflik, Prabu Siliwangi, menggunakan kesaktiannya untuk mengubah kerajaan Padjadjaran Raya menjadi padang gurun. Berdasarkan cerita, Banyak yang percaya mengapa kerajaan Padjajaran belum ditemukan, Karena menurut legenda, ada kekuatan magis yang mengubah Prabu siliwangi dan pasukannya menjadi harimau.

 

 

Next ArticleKali Jodo, Pusat Perhatian Jakarta