Kasus Paling Langka Di Dunia Kedokteran

Penyakit dan kondisi kelainan tubuh yang diderita oleh seorang manusia terkadang tidak dapat dihindari, ia akan tetap datang meskipun orang tersebut memiliki pola hidup yang sehat. Semua ini seakan berbanding terbalik dengan kemajuan medis kedokteran, disaat menemukan solusi baru entah kenapa penyakit-penyakit aneh dan kondisi kelainan tubuh yang langka, seakan berganti dengan kasus kesehatan aneh yang paling terbaru.

Dunia medis atau kedokteran seringkali menemukan hal-hal aneh di dalam tubuh manusia, misalnya saja manusia yang tertawa tak berhenti hingga manusia yang memiliki darah berwarna hijau. Nah, berikut ini beberapa kasus aneh dan langka di dunia kedokteran:

Pria Berdarah Hijau

Pada bulan Oktober 2005, dokter di Rumah Sakit St. Paul, Vancouver melakukan operasi terhadap pasien lelaki usia 42 tahun. Betapa terkejutnya tim dokter itu, ketika dilakukan operasi pada tangannya, pasien mengeluarkan darah berwarna hijau gelap bukan normalnya darah yang berwarna merah.

Setelah ditelusuri riwayatnya, si pasien ternyata sering mengonsumsi obat Sumatriptan dalam dosis besar atau 200 miligram setiap harinya. Obat ini diketahui untuk mengobati migrain. Perubahan warna ini disebabkan oleh sulfhaemoglobin yang terbentuk ketika sebuah atom belerang masuk ke dalam molekul hemoglobin yang bisa disebabkan oleh obat-obatan yang dikonsumsi sejenis sulfonamida.

Ketika hidrogen sulfida (ion sulfida) dan ion besi bergabung dalam darah, maka darah tidak mampu membawa oksigen. Hal ini membuat jumlah sulfhemoglobin (SulfHb) dalam darah berlebih. Sementara darah merah terbentuk dengan bantuan oksigen.

Beckwith Wiedemann Syndrome

Paisley Morrison-Johnson, bayi asal Dakota Selatan, Amerika Serikat, lahir dengan ukuran lidah dua kali lebih besar dari yang seharusnya. Kondisi itu membuat Paisley terlihat seperti sedang menjulurkan lidahnya. Ukuran lidahnya sudah seperti orang dewasa sehingga menyulitkannya untuk makan.

Manusia kecil itu terpaksa makan melalui pipa yang dipasang diperutnya. Setelah berusia enam bulan, dokter mulai khawatir Paisley tersedak makanan jika makan melalui mulut. Agar kembali normal, operasi pertama dilakukan dengan memotong bagian lidah yang berlebihan. Namun, lidahnya tumbuh dengan cepat dan kembali menjulur keluar dari mulutnya.

Operasi kedua pun kembali dijalani Paisley untuk mengurangi panjang lidahnya. Tim dokter berharap, ini adalah operasi terakhir untuk Paisley. Oktober lalu, Paisley sudah berusia 16 bulan. Bersyukurnya, operasi kedua tersebut berhasil membuat Paisley bisa mengembangkan senyum dan dengan normal. Paisley kini sudah mulai belajar mengucapkan kata-kata.

Gadis Yang Tertawa Selama 12 Tahun

Xu Pinghui dari Chongqing mulai tertawa non-stop setelah menderita demam saat baru berumur delapan bulan. Aneh, setelah peristiwa tersebut ia kehilangan kemampuan untuk berbicara saat usianya menginjak 2 tahun dan hanya bisa tertawa cekikikan.

Kondisi ini diketahui telah berlangsung selama lebih dari 12 tahun. Menurut spesialis yang menangani kasus ini, kemungkinan disebabkan oleh kerusakan pada lobus frontal akibat demam. Wah, penyakit yang menyenangkan, bisa tertawa terus hahahaha

Kejadian Aneh Kepala Copot

Maut tak dapat dihindari bagi siapa saja! Seperti peristiwa kecelakaan tragis yang menimpa bocah berusia 16 bulan bernama Jackson Tylor. Saat bocah malang tersebut sedang berkendara bersama Ibu dan kakak perempuannya. Tiba-tiba kendaraan yang mereka tumpangi ditabrak oleh mobil lain dengan kecepatan tinggi.

Tubuh Jackson terlempar keras dan bagian kepalanya terlepas dari struktur tulang belakang. Segera ia dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. Dokter Geoof Askin yang melakukan operasi bedah kepala Jackson, berusaha menyambungkan lagi lehernya dengan menggunakan besi beserta serpihan tulang iganya.

Beruntung, kepala Jackson masih bisa disambungkan lagi dengan lehernya. Menurut Dokter Geeof peristiwa kesehatan aneh yang dialami oleh Jackson dalam dunia medis kedokteran dinamakan dengan Internal Decapitation. Sangat jarang orang yang mengalami kondisi ini nyawanya dapat terselamatkan lagi. Tubuh bocah ini memang benar-benar ajaib, ungkap Dokter Geoof Askin

Bergairah Tanpa Henti

Bayangkan berada di ambang orgasme hampir setiap saat Anda beraktivitas. Kedengarannya aneh? Tidak untuk mereka yang menderita kondisi neurologis (mungkin juga hormonal) langka nan aneh ini. Persistent Sexual Arousal Syndrome ditandai dengan kebangkitan gairah pada area genital terus menerus tanpa henti dan mengganggu, yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan hasrat seksual atau stimulasi seksual. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia atau jenis kelamin, sangat melemahkan dan memalukan hingga membuat orang-orang yang menderita kondisi ini memiliki kecenderungan bunuh diri.

Meskipun tidak ada penyebab yang pasti telah ditetapkan sejauh ini untuk sindrom ini, para kedokteran percaya bahwa hipersensitivitas neurologis (saraf ultra sensitif di area genital) bisa menjadi alasannya. Teori lain berkisar dari kemampetan vena organ panggul hingga gangguan perilisan hormon prolaktin setelah orgasme, hingga kekurangan produksi oksitosin dari kelenjar pituitari yang terletak di dasar otak.

Aquagenic Urticaria

Dari namanya mungkin kita sudah dapat menebak jika aquagenic urticaria merupakan kelainan medis yang berhubungan dengan air. Kelainan medis ini membuat penderitanya mengalami alergi jika bersentuhan dengan air. Dan jika sampai terkena air maka kulit penderita akan mengalami rasa gatal dan sakit yang teramat sangat. Karena itu, mereka yang mengidap kondisi medis ini tidak akan bisa melakukan aktivitas yang bersentuhan dengan air seperti misalnya berenang atau bahkan mandi. kasus alergi ekstrim ini sedikitnya terjadi pada 100 orang.

Itu tadi kasus aneh dan langka di dunia kedokteran paling aneh yang pernah tercatat dalam jurnal kedokteran dunia. Ada yang positif tapi nggak sedikit juga yang negatif. Buat kamu yang terlahir normal harus banyak bersyukur karena masih banyak saudara-saudara kita yang nggak terlahir seberuntung kamu.

Next ArticleTanda Dan Gejala Keguguran