Karakteristik dan Keunikan Burung Unta

Dalam keluarga burung, burung unta (ostrich) termasuk burung dengan ukuran yang paling besar dibandingkan ¬spesies burung lainnya. Burung unta memang nggak bisa terbang, tapi kakinya yang kuat dan panjang, bisa berlari dengan kencang hingga mencapai kecepatan 65 km/jam. Burung unta termasuk jenis hewan dengan tubuh besar yang paling menyukai air. Akan tetapi dapat bertahan hidup dengan cukup lama tanpa menyentuh air.

Dinamakan burung unta dikarenakan lehernya yang panjang seperti halnya hewan unta. Antara bagian kepala dan besar tubuhnya sangat jauh berbeda. Bagian kepalanya kecil, akan tetapi tubuhnya sangat besar, dan termasuk burung terbesar yang masih hidup sekarang ini. Hewan yang bertubuh besar ini memang terkenal sangat unik dan lucu.

Burung unta dengan nama latin Struthio camelus termasuk jenis burung yang paling besar dengan tinggi tubuh hingga mencapai 2,5 meter dan beratnya bisa sampai 140 kg. Bagian kepalanya kecil kemudian leher panjangnya 1 meter. Kepala dan lehernya tak berbulu, namun tubuhnya memiliki bulu yang amat lebat.

Pada burung unta jantan memiliki bulu berwarna hitam gelap, kemudian untuk burung unta betina punya bulu coklat sedikit keabu-abuan. Untuk lehernya yang panjang menjadikan burung unta mudah untuk melihat di mana posisi musuh. Jadi burung ini bisa menghindar dengan secepat mungkin.

Karakteristik Burung Unta

Tampilan atau karakteristik burung unta ini juga terlihat sangat mencolok. Karena, burung ini terlihat besar dan juga tinggi. Bahkan, tingginya pun dapat melebihi tinggi manusia yang pada umumnya. Karena begitu besarnya, burung unta jelas sulit untuk dimasukkan pada sangkar. Burung besar ini pun juga dapat ditunggangi oleh manusia. Beruntungnya, burung unta ini tidak dapat terbang. Sehingga, burung unta ini bisa ditempatkan pada kandang yang terbuka. Seperti halnya kandang di peternakan sapi dan juga kambing. Terdapat satu hal lagi yang paling populer dari keunikan burung unta, yaitu kebodohannya.

Walaupun burung ini tubuhnya besar, tapi burung unta dikenal sangat bodoh sebab mempunyai kapasitas otak yang kecil. Bahkan, kerap dinilai bahwa karena bodohnya burung unta ini, pada saat ia ketakutan, burung ini akan menenggelamkan kepalanya pada dalam tanah. Cerita mengenai kebodohan burung unta ini cukup terkenal pada seluruh dunia.

Dan jika diamati, memang masih belum ada satu pun pembuktian yang menunjukkan jika burung unta menenggelamkan kepalanya pada tanah pada saat merasa ketakutan. Walaupun kapasitas otaknya memang sangat kecil, namun ia masih memiliki naluri untuk bertahan. Burung unta memang punya banyak keunikan dan pasti terlihat sangat lucu.

1. Pemanfaatan

Manusia sudah lama memanfaatkan burung unta ini, terutama pada bagian bulunya. Industri topi dan juga fashion juga mulai memburu bagian bulu burung unta untuk dijadikan hiasannya. Maka dari itu, bulu burung unta pun jadi begitu berharga. Dengan begitu cepat, burung unta jadi salah satu komoditas industri yang memiliki keuntungan. Maka, jumlah peternakan burung unta pun semakin berkembang. Saat ini, peternakan burung unta pun jumlahnya mulai menurun. Sekarang, peternakan burung unta memang tidak berharga lagi.

Akan tetapi, cukup banyak bagian dari burung unta yang sekarang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Bagian bulu burung unta saat ini kerap dipakai untuk industri pembersih. Burung unta juga diternakkan guna dimanfaatkan telur dan dagingnya. Daging burung unta juga terkenal begitu lezat. Tak hanya itu, daging burung unta juga terdapat jumlah kolesterol yang lebih rendah dari pada daging sapi.

2. Makanan

Burung unta ini termasuk hewan yang Omnivora yaitu hewan pemakan dari segala macam, baik itu memakan tumbuhan maupun hewan jenis yang lainnya. Pada umumnya burung ini memakan dedaunan, akar-akaran, biji-bijian, serangga, kadal, dan juga makan hewan kecil lain yang terdapat di sekitarnya.

3. Habitat

Burung unta dengan badan besar ini tak mudah dijumpai di kawasan Asia Tenggara. Dan biasanya burung ini dapat dijumpai dengan mudah di kawasan Afrika Tengah dan juga di kawasan Afrika Selatan. Khususnya pada daerah Savana atau padang rumput. Sekarang ini, jumlah populasi burung unta tidak begitu banyak. Persebarannya yang paling banyak, dijumpai di hampir seluruh dataran Afrika. Akan tetapi, jumlah burung unta yang hidup pada alam liar jumlahnya sudah mulai terbatas dan sebaiknya mendapatkan perhatian yang ekstra.

Keunikan Burung Unta

  • Burung unta mempunyai kemampuan lari yang sangat hebat. Mereka dapat berlari dengan kecepatan 70 km / jam dengan sekali melompat bisa mencapai 5 meter. Kecepatan tersebut merupakan yang tercepat dari jenis burung lainnya. Jadi dalam satu kali melangkah dapat menempuh sekitar 5 meter.
  • Mempunyai rentang sayap yang lebar sekitar 2 meter yang dapat digunakan untuk mengubah arah saat berlari.
  • Dapat hidup dengan jumlah kelompok yang banyak dari 10 burung hingga 50 burung dalam satu kelompok.
  • Hanya mempunyai 2 kuku saja, berbeda dengan kuku burung lain yang berjumlah 4 kuku.
  • Burung unta dapat hidup bersama-sama dengan hewan lain dalam satu komunitas. Saat mereka berpindah tempat, mereka juga bersama-sama dengan hewan lain seperti zebra.
  • Terkadang terjadi pertarungan antar pejantan dalam memperebutkan betina. Pertarungan itu terkadang mengakibatkan kematian salah satu pejantannya.
  • Burung unta termasuk hewan social dimana mereka bisa bersama-sama meletakkan telur dalam tempat yang sama. Namun mereka dapat membedakan telur mana saja yang mereka hasilkan. Tempat telur itu berukuran cukup besar sekitar 3 meter.
  • Telur burung unta mempunyai panjang 15 cm dengan berat mencapai 24 kali berat telur ayam biasa. Kita bisa membayangkan betapa besar telur burung unta. Telur itu dilapisi cangkang yang sangat keras.
  • Telur burung unta dierami bergantian antara pejantan dan betina. Pada siang hari, telur akan dierami betina sedangkan pada malam hari akan dierami pejantan. Pergantian itu dimaksudkan untuk melindungi dari predator. Bulu betina warnanya menyerupai warna pasir sehingga sesuai untuk mengerami pada siang hari. Sedangkan warna bulu jantan lebih gelap sehingga sangat tepat melindungi telur pada malam hari.
  • Telur akan menetas setelah 45 hari dierami. Setelah menetas, mereka akan bersama-sama mengasuh bersama-sama.
  • Pejantan akan melindungi anak-anaknya dan mengajari mereka memberi makan.
  • Burung unta kini dapat dikembangkan menjadi wisata dimana mereka dapat menjadi arena pacuan burung unta yang menarik wisatawan. Jika di Indonesia arena pacuan burung unta belum lazim dilakukan.
  • Seperti halnya hewan yang hidup di gurun pasir, mereka dapat bertahan beberapa hari tanpa minum air. Namun setelah menemukan sumber air, mereka akan banyak minum air. Tak jarang mereka akan mandi di sumber air tersebut.
  • Burung unta mempunyai bola mata yang cukup besar sekitar diameter 5 cm.

Itulah karakteristik dan keunikan dari burung unta, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin tahun tentang burung unta.

Next ArticleInilah Penjelasan Mengapa Anjing Setia kepada Manusia