Jakarta Dengan Masjid Yang Terkenal

Masjid adalah tempat atau rumah ibadah bagi umat Muslim. Sudah sejak lama Masjid berdiri di seluruh Dunia. Masjid terkenal dengan Arsitektur yang mempunyai Kuba besar yang terletak di bagian atas Masjid. Selain itu, Masjid juga terkenal dengan Kaligrafi Arab yang tertulis di sekitar Masjid.

Selain terkenal dengan Kuba dan ukiran Kaligrafi, Masjid juga dapat mencerminkan keragaman dengan nilai sejarah dan budaya. Kota Jakarta memiliki Beberapa Masjid yang mempunyai nilai sejarah seperti Masjid luar batang. Masjid luar batang dibangun sekitar tahun 1739 meskipun banyak yang beranggapan bahwa Masjid ini dibangun pada tahun 1700. Masjid ini dibangun oleh Sayid Husein bin Abubakar yang merupakan keturunan dari Nabi Muhammad SAW. Ia pernah diculik oleh Belanda dan berhasil melarikan diri ke Jakarta lalu membangun Masjid Luar Batang. Sekitar tahun 1756, ia meninggal dan dimakamkan dan dimasukkan kedalam Masjid Luar Batang.

Masjid Luar Batang yang mempunyai nilai sejarah sekarang menjadi tempat yang sangat suci dan banyak dikunjungi oleh Pejiarah yang berasal dari Indonesia dan juga dari luar Indonesia. Gerbang utama yang dimiliki Masjid Luar Batang memiliki Arsitektur dengan gaya Eropa serta Masjid yang bertingkat 2 ini memiliki Relief yang sama dengan candi-candi Hindu serta Jawa kuno. Berdasarkan cerita, Pembangunan Masjid ini dikenai biaya sekitar Rp 5 Miliar setelah selesai di Renovasi. Masjid ini memiliki daya tarik bagi para Wisatawan sebagai tempat Ibadah sekaligus sebagai tempat Ziarah.

Selain Masjid luar batang yang mengandung nilai sejarah, Masjid kebun jeruk juga adalah salah satu Masjid yang ada di jakarta juga mengandung nilai sejarah. Masjid ini terletak di jalan Hayam Wuruk yang dekat dengan sungai Ciliwung dan Hotel Jayakarta. Masjid kebun jeruk dibangun pada tahun 1786 oleh Mr Tchoa yang sebagai salah satu Muslim dari suku Cina. Pada masa itu, Banyak orang Cina yang mengikuti jejak Mr Tchoa dengan menganut Agama Islam karena pembantaian yang dilakukan sekitar tahun 1740. Masjid kebun jeruk juga miliki makam Fatima Hwu yang merupakan seorang Istri dari Mr Tchoa yang meninggal pada tahun 1792.

 

Tidak hanya itu, Ada salah satu Masjid di Jakarta yang terbesar di Asia Tenggara adalah Masjid Istiqlal. Masjid ini terletak dekat dengan Monumen terkenal Jakarta yaitu Monas dan berseberangan dengan Gereja Katedral Katolik. Masjid ini dirancang oleh seorang Arsitek yang beragama Kristen yang dibangun pada tahun 1961 yang pada saat itu juga masa kejayaan Soekarno pada tahun 1945 sampai 1965. Masjid yang terbesar di Asia Tenggara ini dapat menampung umat sekitar 10.000 Orang dengan halaman yang dihiasi dengan Taman, Air mancur, Sebuah dan danau buatan. Luar keseluruhan Masjid ini berkisar 9,5 Hektar.

Masjid Hidayatullah adalah salah satu Masjid terkenal yang ada di Jakarta. Masjid ini beralamatkan di jalan Sudirman, Jakarta pusat. Keunikan dari Masjid ini memiliki Pagoda tua.

Next ArticleAwal Mula Lagu Indonesia Raya