Inilah Penjelasan Mengapa Anjing Setia kepada Manusia

Apa Anda sudah tahu kalau anjing adalah hewan yang setia terhadap manusia? Atau Anda memang sudah memiliki anjing sebagai sahabatmu? Sifat setia anjing memang nyata dan peneliti telah menemukan penyebabnya. Simak penjelasan melalui berbagai sumber di bawah ini, agar Anda tidak penasaran lagi.

Benarkah Anjing Hewan yang Setia?

Kedekatan pola perilaku anjing dengan manusia memang menjadikan anjing dapat jadi peliharaan, dilatih, diajak bermain, hingga diajak tinggal bersama kita. Perilaku anjing sebagai hewan sosial ini berbeda dengan serigala yang merupakan kerabat dekat dan leluhurnya. Serigala cenderung punya sifat liar, hidup menyendiri dan tidak bersahabat layaknya anjing.

Awalnya para ahli punya dugaan kuat bahwa domestikasi atau proses pengadopsian hewan liar ke dalam kehidupan sehari-hari yang dialami anjing dari serigala menjadikan anjing dapat bersahabat dengan manusia. Ternyata tidak sesederhana itu. Studi terbaru dari tingkat genetik mengungkapkan alasan yang lebih spesifik mengenai perilaku bersahabat anjing.

Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan hewan Monique Udell dari Oregon State University dan Bridgett von Hold menemukan bahwa terdapat kemiripan antara kromosom anjing dengan kromosom manusia yang memiliki sindrom Williams-Beuren. Sebuah kelainan genetik pada manusia karena hilangnya sebagian DNA pada kromosom 7. Secara psikologis penderita sindrom Williams-Beuren cenderung memiliki sikap hipersosial, mereka akan bersikap ramah, meski terhadap orang asing, dan memiliki empati yang terlewat tinggi.

DNA anjing memiliki daerah yang serupa dengan varian gen yang bertanggung jawab terhadap sindrom Williams-Beuren pada kromosomnya. Variasi genetik akibat penyisipan gen di daerah inilah yang menyebabkan perbedaan sikap hipersosial anjing. Jika penyisipan genetik lebih sedikit, anjing akan bertingkah layaknya serigala dan suka menyendiri. Sebaliknya, jika penyisipan genetik lebih banyak maka anjing akan cenderung mudah bergaul, ramah dan bersahabat dengan manusia.

Menariknya lagi, yang memengaruhi sikap hipersosial pada penderita sindrom Williams-Beuren pada manusia bukannya penyisipan genetik layaknya pada anjing, melainkan penghapusan genetik pada kromosom tujuh. Hal ini dapat diartikan bahwa variasi penghilangan sebagian DNA pada kromosom nomor tujuh penderita membuatnya setara atau mirip dengan variasi gen kromosom enam pada anjing.

Meski hasil peneliti ini masih harus terus dikaji lebih lanjut, namun temuan tersebut bisa menjadi salah satu referensi alasan perilaku sosial anjing yang bersahabat dengan manusia. Tak hanya hewan setia, anjing juga memiliki fakta unik yang jarang orang ketahui. Untuk Anda yang ingin pelihara anjing, Anda wajib tahu. Berikut ini dia :

Fakta tentang Anjing

1. Jangan Beri Anjing Coklat

Sebagai pecinta anjing Anda mungkin pernah mendengar mitos mengenai coklat yang dapat berakibat racun bagi anjing. Jika kebanyakan mitos itu salah, namun yang satu ini ternyata benar adanya. Coklat memiliki kandungan kimia yaitu Theobromine dan merupakan racun yang dapat berakibat fatal bagi anjing apabila dikonsumsi antara 100-150 mg dari berat keseluruhan perkilogram Anjing. Andai kata anjing Anda beratnya adalah 10 kg, maka 1-1,5 gram kandungan Theobromine pada coklat dapat menjadi racun fatal bagi anjing kesayangan Anda.

2. Anjing sangat Sensitif Terhadap Petir

Tahukah Anda bahwa guntur atau petir yang terjadi ketika hujan dapat mengakibatkan frekuensi atau getaran yang membuat telinga anjing sampai sakit? Oleh karena itu jika terjadi guntur atau petir, terkadang anjing terkejut dan menggonggong itu karena mereka sangat sensitif terhadap petir hingga batas telinga mereka sakit karena hal tersebut.

3. Anjing Dapat Cemburu

Sama halnya seperti manusia, ternyata anjing juga dapat cemburu. Mungkin ini terdengar aneh bahwa anjing memiliki perasaan cemburu layaknya manusia, namun dalam sebuah studi menunjukkan ternyata anjing dapat mengekspresikan kecemburuan mereka. Itu terlihat dari kemiripan hormon oxytocin yang juga ada di manusia dimana hal itu dapat terlihat saat seekor anjing dan juga manusia mengekspresikan cinta dan kecemburuan mereka.

4. Anjing yang Pendiam Berumur Lebih Panjang Dari Anjing Agresif

Telah dilakukan penelitian pada Juni tahun 2010 lalu oleh The American Naturalist terhadap 56 jenis anjing. Penelitian tersebut berusaha mencari tahu berbagai faktor yang menentukan energi, kepribadian, pertumbuhan dan jangka hidup anjing. Ternyata anjing dengan yag agresif atau galak memiliki pertumbuhan yang cepat dan meninggal muda. Hal sebaliknya juga terjadi yakni anjing yang jinak atau tidak terlalu agresif akan memiliki jangka hidup yang lebih panjang.

5. Anjing Memakan Kotoran dan Rumput

Jangan kaget, karena hal ini sudah sering terjadi pada beberapa anjing jika merekakekurangan mineral dan nutrisi. Bahkan mereka dapat memakan kotoran mereka sendiri untuk mengambil mineral dan nutrisi dalam kotoran tersebut. Sedangkan untuk rumput, anjing memakannya agar membantu pengolahan pencernaan mereka atau ketika mereka merasa tidak nyaman dan ingin memuntahkan sesuatu yang menggangu tubuh mereka.

6. Anjing dapat Mencium Penyakit

Anjing memiliki penicuman yang sangat tajam dan hal itu sudah diketahui secara umum, namun ternyata anjing juga dapat mencium penyakit. Jika anda memiliki kanker, diabetes atau epilepsi, mungkin hewan pertama yang mengatahui hal tersebut adalah anjing. Dalam studi penelitian ternyata anjing dapat dilatih untuk mengendus penyakit kanker yaitu pada paru-paru, payudara, kulit dan prostat. Para peneliti menduga bahwa anjing dapat mencium bau berbeda yang dikeluarkan dari orang dengan sel yang abnormal atau sedang sakit.

Jenis-jenis Anjing Peliharaan

Anda ingin pelihara anjing tapi tidak tau jenis apa yang ingin dipelihara? Tiap anjing memiliki karakter, watak, keunggulan, dan kelemahan masing-masing. Ada beberapa jenis anjing yang tak cocok menemani pemilik pemula. Berikut adalah jenis anjing ramah untuk anda yang baru memelihara anjing :

  • Golden Retriever

Berbicara tentang anjing peliharaan tentu tak lengkap bila tidak membahas Golden Retriever. Jenis anjing satu ini masih jadi anjing terfavorit beberapa karakteristik menonjol: Cantik, loyal, ramah terhadap orang asing maupun anjing lain, mudah dilatih, bersemangat diajak main, serta pintar. Golden Retriever harus ‘diberi pekerjaan’ agar betah di rumah, seperti mengambil koran dari depan pintu atau membangunkan tuannya setiap pagi. Meski tak bisa diandalkan sebagai anjing penjaga karena tak cukup sensitif, Golden Retriever dikenal sebagai anjing yang amat menyenangkan untuk dipelihara.

  • Pomeranian

Pomeranian adalah jenis anjing yang kecil dan lucu cocok untuk pemilik pemula karena mereka punya karakter ceria dan penasaran terhadap banyak hal. Pomeranian cukup pintar dan pandai menyesuaikan diri; ia tak keberatan diajak berlama-lama di rumah, juga tak akan merepotkan bila di bawa ke luar. Ukuran tubuhnya mungil, namun wataknya menyerupai anjing-anjing besar. Pomeranian butuh disisir tiap seminggu sekali agar bulu tebalnya tetap halus dan bersih, namun selain itu, jenis anjing satu ini tak butuh terlalu banyak perawatan.

  • Shiba Inu

Shiba Inu adalah satu dari enam jenis anjing asli Jepang selain Akiko, Kishu, Hokkaido, Kai, dan Shikoku. Ciri khas dari Shiba Inu adalah telinganya yang kecil namun tegak lurus. Selain lincah layaknya kucing, Shiba Inu gampang di-training. Ia sangat bersemangat dan senang diajak bermain, namun tak terlalu sensitif dan cukup mandiri, hingga tak akan bermasalah jika tinggal bersama keluarga dengan banyak anggota, di dalam ruangan kecil atau apartemen, atau ditinggal sendiri di rumah dalam waktu cukup lama.

  • Collie

Meski tubuh besarnya mampu membuat orang merasa terintimidasi pada pandangan pertama, jenis anjing Collie sesungguhnya sangat ramah dan penuh kasih sayang. Ia gemar menghabiskan waktu bersama pemiliknya, baik itu bermain di luar rumah atau sekadar bersantai di kasur/sofa. Collie juga menyenangi anak kecil, jadi bila anda baru saja punya anak, tak perlu khawatir memelihara Collie di rumah. Keunggulan lain dari jenis anjing ini adalah tubuhnya yang bersih dan bebas bau.

  • Norwegian Elkhound

Mirip dengan anjing-anjing milik keluarga Starks di Game of Thrones, Norwegian Elkhound adalah jenis anjing cantik nan gagah dengan raut mirip serigala. Jenis anjing ini cocok dijadikan teman maupun penjaga rumah. Serupa dengan Collie, meski berbadan besar dan agak menyeramkan, Elkhound sangat senang bercanda dan bermain. Elkhound diketahui loyal dan cukup sensitif terhadap perasaan tuannya –jika ia tahu sang pemilik sedang merasa sedih atau marah, ia akan mencoba menghibur dengan cara menggonggong kencang atau menaruh kepala di pangkuan pemilik. Lucu, ya?

  • English Springer Spaniel

Tujuan hidup English Springer Spaniel adalah untuk menyenangkan tuannya. Ia pun mudah dibuat senang –membawanya beraktivitas selama kurang lebih 30 menit tiap hari saja cukup membuat jenis anjing ini riang dan gembira. Springer Spaniel tidak galak terhadap anak kecil maupun anjing lain. Selain itu, ia juga dikenal sebagai anjing yang tak sering menggonggong. Masa hidupnya juga cukup lama, bisa mencapai 12 hingga 14 tahun.

  • Labrador Retriever

Di Amerika Serikat, Labrador Retriever adalah jenis anjing peliharaan keluarga terfavorit nomor 3. Karena sifatnya yang aktif, mudah diajari, dan ramah, Labrador Retriever banyak dimanfaatkan sebagai anjing service and therapy untuk orang-orang lanjut usia ataupun disabilitas. Tak hanya itu, Labrador Retriever pun pintar berburu, lho! Jenis anjing satu ini sangat pantas dimiliki keluarga aktif yang tak keberatan melakukan banyak kegiatan luar ruangan bersama peliharaan.

  • Maltese

Maltese dikenal sebagai jenis anjing imut, glamor, dan fashionable. Bulu panjang dan halus adalah ciri khas dari Maltese, namun bulu tersebut tidak mudah rontok, sehingga ia tidak terlalu high-maintenance. Di luar itu, Maltese dikenal sebagai anjing yang loyal, ramah, cukup manja, dan mudah dekat dengan pemilik. Ia tak keberatan tinggal di rumah kecil/apartemen, namun tak bisa ditinggal dalam waktu lama.

  • Boston Terrier

Meski tak terlalu cantik layaknya anjing-anjing lain dalam daftar ini, Boston Terrier juga pantas dipertimbangkan pemilik anjing pemula. Ia tak takut pada orang asing, sehingga meski badannya mungil, Boston Terrier bisa diandalkan untuk menjaga rumah. Boston Terrier penuh adalah jenis anjing penuh energi, lincah, pintar, penurut, dan people-oriented. Satu karakteristik yang cukup dikenal dari Boston Terrier adalah kegemarannya dalam memakan apa pun.

Itu dia hal tentang kenapa anjing bisa setia dan fakta tentang anjing. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin pelihara anjing.

Next ArticlePenjelasan Singkat Mengenai Biografi Bill Gates