Hari Libur Teraneh Dari Berbagai Negara Yang Pernah Ada

Hari libur adalah hari yang paling disukai dan dinanti-nantikan setiap orang. Ya, karena dengan adanya hari libur orang-orang bisa merencanakan liburan ke tempat-tempat yang indah atau lainnya. Tapi bagaimana dengan hari kencing? Ternyata selain hari libur popular yang kita ketahui, di dunia ini ada banyak sekali hari libur yang paling aneh dan unik. Bahkan mereka adalah hari libur nasional yang dirayakan oleh negara tertentu. Berikut hari libur teraneh dari berbagai negara yang ada di dunia:

1. Hari Kencing – Hari Sabtu Kedua di Bulan Maret

Peeing Day atau bisa juga disebut Pissing Day, merupakan salah satu hari libur paling aneh yang ada di dunia ini. Siapa yang menyangka bahwa kegiatan rutin yang dilakukan tiap hari ini bisa menjadi hari libur di negara tertentu? Sebelum mengatakan bahwa ini merupakan suatu yang sangat aneh dan tidak pantas dijadikan sebuah hari libur, perlu diketahui bahwa ternyata hari kencing yang dirayakan di Princenton, New Jersey, Amerika ini merupakan perayaan yang dilakukan untuk mengingatkan akan Perang Revolusioner.

Sejarah atau rumor mengatakan bahwa pada saat perang Revolusioner, tentara Amerika mengencingi semua pasukan Inggris setelah mengeluarkan mereka dari kota Princeton. Sampai pada saat ini, setiap hari Sabtu pada bulan Maret, orang-orang Princeton memilih untuk mengingat kembali saat-saat yang terjadi pada Perang Revolusioner termasuk saat dimana mereka mengencingi pasukan Inggris.

2. Kanamara Matsuri – Hari Minggu Pertama di Bulan April

Kanamara Matsuri mungkin tidak pernah terdengar di telinga Anda, tapi bagaimana jika disebutkan Festival Penis di Jepang? Itulah yang dimaksudkan dengan Kanamara Matsuri. Tapi tarik dulu pikiran negatif Anda karena Kanamara Matsuri hanyalah festival yang tujuannya untuk mengapresiasi penis.

Dirayakan setiap hari Minggu pertama pada bulan April oleh orang-orang kota Komaki, Jepang. Orang-Orang kota Komaki merayakan festival ini untuk merayakan kebesaran dari penis sebagai suatu simbol kesuburan. Ketika Anda berada disana, Anda akan menemukan segala sesuatu yang berbentuk penis seperti permen penis, lilin berbentuk penis, dekorasi bergambar penis dan bahkan penis raksasa. Jika itu dirasa masih belum cukup, tunggu sampai mereka memulai acara menyembah penis. Hari libur yang cukup aneh bukan?

3. Hari Meninju Tetangga – Awal Bulan Mei

Hari meninju tetangga atau yang dikenal dengan Tinku ini diperingati setiap bulan Mei. Festival aneh ini dilaksanakan di Bolivia, Amerika Selatan. Meski terdengar cukup mengerikan, tetapi festival semacam ini sudah sering dilakukan masyarakat kota Bolivia.

Peringatan hari aneh ini sendiri tentunya memiliki alasan dan tujuan. Menurut masyarakat Bolivia, festival Tinku ini dilakukan bertujuan untuk memastikan panen yang dihasilkan nanti mendapatkan hasil yang baik.

Masyarakat Bolivia menyebutnya ritual kepada Dewi Pachamam (dewi bumi dalam kepercayaan Bolivia) untuk memohon kesuburan dan kesuksesan panen mereka selanjutnya. Jangan ditiru ya!

4. Festival Monyet – Minggu Terahkir November

Festival monyet ini dirayakan setiap Minggu terakhir di bulan November oleh masyarakat Thailand. Festival monyet sendiri adalah tradisi masyarakat Thailand untuk memberikan penghormatan dan rasa terimakasih kepada monyet. Jika hari perayaan ini sudah tiba, masyarakat biasanya akan datang beramai-ramai memberikan segala macam jenis makanan kesukaan monyet.

Menurut kepercayaan masyarakat Thailand, festival ini dilakukan untuk mengingat cerita Rama yang memberikan Kota Lopburi kepada Raja Monyet Hanuman. Sehingga rakyat Thailand mengikuti kebiasaan serupa dengan memberikan penghormatan kepada hewan sejenisnya yaitu monyet.

5. Las Bolas de Fuego – 31 Agustus

Festival Las Bolas de Fuego atau dalam bahasa Indonesia yang berarti Festival Bola Api ini adalah festival yang diadakan setiap tanggal 31 Agustus pada Kota Nejapa, El Salvador. Perayaan tersebut dirayakan sebagai penggambaran akan pertarungan antara San Jeronimo dengan Iblis.

Asal Muasal dari hari libur ini adalah pada tahun 1922, penduduk kota Nejapa terpaksa mengungsi karena terjadinya erupsi di dekat gunung berapi. Ketika dalam pengungsian, mereka melihat bola-bola api yang besar keluar dari gunung dan mereka percaya hal tersebut sebagai pertarungan yang terjadi antara kebaikan dengan kejahatan. Sejak saat itulah orang-orang Nejapa merayakannya setiap tahun.

Las Bolas de Fuego sendiri dirayakan dengan mulai membentuk 2 tim yang terdiri dari pria-pria muda. Muka mereka kemudian akan dilukisi layaknya seperti sedang berperang, kemudian mereka akan melemparkan bola api ke satu sama lainnya, dikelilingi oleh orang-orang yang menyaksikan gerak gerik mereka. Walaupun pada awalnya sudah dibasahi dengan air namun tidaklah jarang pakaian mereka terbakar, bahkan terkadang para partisipan akan terkena lemparan bola api di muka mereka dalam jarak yang sangat dekat. Bagi Anda yang belum mengetahui festival ini mungkin akan merasa bahwa ini adalah perayaan yang sangat aneh layaknya zona perang.

6. Hari Nyepi – Tahun Baru Saka

Berbanggalah kita karena ternyata menurut pandangan orang-orang di luar salah satu hari raya teraneh di dunia berasal dari Indonesia tepatnya di Bali, yaitu Hari Nyepi. Hari Nyepi dirayakan setiap Tahun Baru Saka yakni berdasar pada penanggalan kalendar Umat Hindu. Berbeda dibandingkan kepercayaan umumnya, Tahun Baru umat Hindu di Bali dimulai pada Tahun Baru Saka. Inilah yang disebut dengan Nyepi atau istilah inggrisnya Silent Night.

Alasan mengapa Nyepi disebut-sebut sebagai salah satu hari libur teraneh di dunia adalah karena sebagaimana namanya, pada hari itu selama satu hari, Bali akan menjadi kota yang sangat sunyi senyap. Aktivitas-Aktivitas umumnya akan diberhentikan, bahkan layanan umum seperti transportasi hingga Bandar Udara baik lokal maupun internasional ditutup. Tentunya tidak termasuk untuk yang kritis seperti rumah sakit contohnya. Hari Raya Nyepi sendiri dirayakan dengan maksud untuk meminta Yang Kuasa untuk menyucikan manusia dan semestanya. Nyepi dirayakan dari jam 6 pagi Tahun Baru Saka hingga jam 6 pagi keesokan harinya.

Nah, itulah libur teraneh dari berbagai negara yang ada di dunia semoga artikel ini menambah wawasan anda ya.

Next ArticleTradisi Kejam Terhadap Wanita Di Dunia