Deretan Senjata Perang Paling Aneh Dan Konyol

Siapapun tak menyangkal bahwa perang sangat merusak dan merugikan. Berbagai senjata mengerikan siap mencabut nyawa siapapun tanpa pandang bulu. Mulai dari bom atom, bom nuklir, rudal nuklir, senjata biologis dan sebagainya, semuanya hanya menciptakan kehancuran. Tapi tahu nggak kalau ternyata ada juga senjata yang sengaja diciptain aneh-aneh alias bikin kita gagal paham. Konyolnya, penemuan senjata aneh tersebut sempat menjadi populer dari jaman kuno, perang dunia ke 1 dan ke 2 dan beberapa diantaranya sempat booming di masa kini. Penasaran apa saja senjata aneh itu? Ikuti ulasan berikut ini.

1. Bom Gay

Bom gay atau bom halitosis adalah nama tidak resmi dari senjata kimia yang dikembangkan oleh Angkatan Udara AS dengan teori menggunakan pheromone jenis kelamin perempuan yang disebarkan pada tentara musuh. Bom ini akan membuat para musuh saling tertarik secara seksual antara sesama. Pada 1994, Laboratorium Wright di Ohio, AS generasi awal dari Laboratorium Penelitian Angkatan Udara Amerika Serikat membuat proposal yang mengajukan berbagai senjata kimia yang tidak berbahaya. Salah satu proposal itu mengajukan pengembangan Bom Gay.

Menggunakan prinsip yang sama dengan parfum, Bom Gay dan Pheromone dicampur dengan Aphrodisiac (zat perangsang birahi) yang akan disebar kepada musuh. Ketika bercampur dengan keringat maka secara teori tentara lain yang mencium aromanya akan terpengaruh. Dengan asumsi Pheromone + Aphrodisiac tersebut akan mempengaruhi orientasi seksual dari tentara yang menciumnya. Namun kembali senjata ini hanya dikembangkan dan tidak berhasil digunakan secara nyata di lapangan.

2. Bom Tikus

Bom tikus adalah senjata yang dikembangkan oleh divisi Special Operations Executive milik Inggris pada era Perang Dunia II. Rencananya bom aneh ini akan digunakan untuk melawan pasukan Nazi Jerman. Ide dari pihak militer Inggris ini dikembangkan pada tahun 1941 dengan cara menggunakan tikus yang sudah mati lalu dimasukkan bom plastik ke dalam tubuhnya. Asumsi pihak militer Inggris, mereka akan memasukan tikus-tikus yang sudah mati ini ke ruang boiler (ketel uap) di kereta, pabrik atau pembangkit listrik.

Ketika ada orang yang berusaha membuang tikus tersebut, maka bom di dalam tubuh pengerat tersebut akan meledak, jadi hampir serupa cara bekerjanya dengan ranjau darat. Karena tubuh tikus yang kecil, maka peledak yang dimasukkan juga tidak bisa besar, namun bila meledak di ruang boiler maka efeknya akan cukup dahsyat. Namun proyek ini gagal ketika pengiriman pertama bom tikus ini dihalau oleh tentara Jerman dan rencana Inggris menggunakan bom tikus sudah berakhir karena terungkap oleh pihak Nazi yang langsung mempelajari bom tikus tersebut.

3. Senjata Skunk Bau

Skunk Weapon diciptakan oleh sebuah perusahaan asal Israel, namanya Odortec perusahaan yang bekerja sama untuk tentara Israel dalam mengembangkan teknologi militer terbaru. Penggunaan senjata ini populer pertama kalinya waktu pihak militer Tel Aviv mengusir para demonstran Palestina di tahun 2008. Senjata yang diterjemahin sebagai hewan sigung ini dirasa ampuh terus dikembangkan oleh Angkatan Pertahanan Israel buat pengontrol massa. Jangan salah, senjata ini nggak mematikan sama sekali kok. Senjata ini bentuknya cairan yang dibuat dari bahan-bahan alami yang aman dan bebas bahan kimia.

Adapun bahan yang dipakai untuk membuat senjata skunk ini diantaranya baking powder, ragi dan air. Biarpun begitu, cairan yang dihasilkan baunya minta ampun dan bikin kita pengen tobat, pokoknya kalah deh bau kentut pacar kamu. Lebih kejam dari bau kotoran, air comberan ataupun bangkai hewan sekalipun. Cara menggunakan senjata skunk disemprotkan lewat meriam air (water canon) yang fungsinya buat membubarkan kerumunan massa, terutama para pengunjuk rasa alias demonstran. Biarpun senjata ini terbilang aman dan gak berbahaya jika dibandingkan sama peluru karet, gas air mata atau senjata lain.

Tapi jangan senang dulu, nyatanya senjata ini bau banget makanya terbilang ampuh buat mengusir paksa yang namanya manusia. Lalu, kenapa sih Militer Israel harus memakai senjata aneh model beginian? Nah, ceritanya dulu Israel sering make senjata yang dianggap membahayakan biarpun cuma sekedar mengusir massa. Gara-gara itu, Polisi Israel jadi sering diprotes karena dianggap pelanggaran HAM. Makanya senjata aneh ini diciptakan dan dianggap sebagai solusi terbaik.
Biarpun aneh, yang penting manjur dan efektif. Nggak tanggung-tanggung loh, kalau kepala sampai badan kita kena semprot meriam air tersebut, bau busuknya bisa bertahan sampai berhari-hari meskipun sudah mandi berkali-kali dengan sabun.

4. Puckle Gun

Inilah cikal bakal senapan mesin pertama di dunia. Dijuluki Puckle Gun dan diciptakan oleh seorang penemu asal Inggris sekaligus penulis dan pengacara yang bernama James Puckle. Puckle gun ini dirancang buat mencegah kapal musuh berlabuh. Kehebatan senjata jadul tersebut bisa melontarkan peluru sampai 63 tembakan dalam waktu 7 menit, sebuah prestasi senjata yang sangat canggih dan dianggap mengerikan pada tahun 1718. Lho, terus apa yang aneh dari senjata Puckle ini? Keanehan senjata ini adalah bisa menembakkan dua jenis peluru, yaitu peluru bulat dan peluru persegi. Peluru bulat diperuntukkan bagi pasukan Kristen dan Peluru persegi untuk Pasukan Muslim Turki. Untungnya, senjata yang pernah dianggap rasis ini sudah tidak diproduksi lagi karena kerumitan komponennya.

5. Pistol Matahari Tentara NAZI

Kebengisan tentara Nazi Hitler tidak akan pernah terlupakan dalam sejarah dunia, begitupun teknologi canggih militer milik pasukan sang fuhrer tersebut. Ini adalah sebuah fakta kejahatan yang pernah terungkap oleh majalah Life pada tahun 1945, bahwa Militer Nazi pernah melakukan eksperimen aneh untuk membuat pistol matahari.

Mereka akan meletakkan sebuah kaca pembesar raksasa (satelit) di luar angkasa, diarahkan langsung ke matahari dan bisa dikendalikan lewat bumi. Anda tahu jika kaca pembesar terkena sinar matahari dan dihadapkan pada sebuah kertas apakah yang terjadi kemudian, bisa ditebak kertas itu akan terbakar. Mirip fungsinya seperti itu, Pistol Matahari buatan Nazi ini bisa membakar kota dan membuat air lautan mendidih.

Untungnya saja eksperimen aneh ini tidak sempat diteruskan, sebab Jerman sudah terlebih dahulu mengalami kekalahan perang. Tak dapat dibayangkan kengeriannya, jika senjata pembunuh massal tersebut benar-benar berhasil diciptakan, umat manusia bisa digoreng hidup-hidup.

Sekian dulu artikel tentang senjata perang paling aneh tapi nyata yang pernah diciptakan. Jangan salah, meskipun penampakan senjata-senjata konyol tersebut buat geleng-geleng kepala kita, tapi eksistensi mereka sempat menjadi momok paling menakutkan dalam sejarah militer dunia.

Next ArticleKisah Awal Mula Kematian Manusia Pertama