Deretan Makanan Yang Kaya Akan Protein

Protein berasal dari bahasa Yunani yang berarti (paling utama). Protein pertama kali ditemukan oleh Jons Jakob Berzelius pada tahun 1838. Protein adalah senyawa organik yang memiliki molekul tinggi berupa asam amino yang dihubungkan dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur semua sel makhluk hidup dan virus.

Kebanyakan protein merupakan enzim atau sub unit enzim. Jenis protein lain berperan dalam fungsi struktural atau mekanis, misalnya protein yang membentuk batang dan sendi sitoskeleton. Protein terlibat dalam sistem imun sebagai antibodi, sistem kendali dalam bentuk hormon dan sebagai komponen penyimpanan (dalam biji). Protein salah satu sumber asam amino bagi organisme yang tidak mampu membentuk asam amino tersebut (heterotrof).

Protein adalah salah satu komponen penting yang menjaga agar tubuh tetap sehat. Bagi yang sedang mengalami program diet, mengkonsumsi makanan sehat harus selalu diperhatikan sehingga mampu menutupi semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, vitamin, mineral dan karbohidrat. Konsumsi makanan sehat dalam jumlah yang tepat harus diperhatikan agar tidak kelebihan atau kekurangan nutrisi penting bagi tubuh yang bisa mengakibatkan berbagai penyakit dari terlalu kurus hingga kelebihan berat badan atau obesitas.

Berikut ini adalah 7 makanan kaya protein yang wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan.

1. Salmon

Ini merupakan jenis ikan laut. Ikan salmon merupakan spesies anadromous yang berimigrasi untuk berkembang biak dan merupakan jenis ikan yang populer karena dikenal sebagai makanan yang lezat dan bergizi. Selain karena teksturnya yang khas dan rasanya yang nikmat, ternyata ikan salmon kaya akan gizi yang sangat baik dan mempunyai manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan. Meskipun termasuk dalam jenis ikan, namun Salmon tetap memiliki posisi tersendiri dalam daftar makanan kaya protein. Hal ini karena selain mengandung protein, salmon juga kaya akan vitamin seperti vitamin A, D, dan B serta mineral.

Maka dari itu, mengkonsumsi Salmon akan memenuhi kebutuhan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam tiap 3 ons salmon terdapat 22 gram protein yang sangat ideal untuk tubuh yang sehat. Konsumsi salmon juga membantu menyuburkan kandungan.

2. Yogurt

Ini adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Dalam rata-rata Yogurt tanpa lemak mengandung protein sekitar 13 gram dan jumlah ini akan bervariasi tergantung pada jenis Yogurt. Yogurt juga memiliki rasa yang enak dan segar, apalagi bila disajikan dengan buah seperti stroberi dan blueberry.

3. Keju

Ini adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau Koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut Rennet . Keju pertama kali dikenal di daerah timur tengah. Meskipun tidak dapat dipastikan kapan keju pertama kali ditemukan, menurut legenda keju pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pengembara dari Arab.

Produk olahan susu yang berbentuk cheddar ataupun lembaran ini juga termasuk dalam makanan kaya protein, mineral, vitamin dan kalsium. Dalam 100 gram keju mengandung 32 gram protein yang baik untuk mencukupi kadar protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Biji Bunga Matahari

Ini adalah makanan yang sangat baik untuk nilai kecukupan gizi dan kita sering menganggap sebagai makanan ringan sehat, biji bunga matahari adalah sumber yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Biji bunga matahari atau yang lebih dikenal dengan kuaci ini juga kaya akan protein. Inilah mengapa banyak orang menggunakan minyak bunga matahari untuk memasak. Selain lezat, biji bunga matahari atau kuaci juga akan membuat Anda jauh dari berbagai jenis masalah kesehatan.

Dalam setiap 100 gram biji bunga matahari akan mendapatkan sekitar 21 gram protein. Kandungan biji bunga matahari hampir 90% adalah lemak yang baik, lemak tak jenuh. Biji bunga matahari juga mengandung lemak monosaturated yang membantu menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan kolesterol HDL

5. Ikan

Setiap orang pastinya sangat suka mengonsumsi ikan. Karena selain rasanya yang enak dan gurih ikan juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Apapun jenis ikan yang Anda makan setiap hari, dikarenakan ikan mengandung lemak tak jenuh yang berguna bagi tubuh manusia. Tak hanya itu, ikan juga memiliki kandungan nutrisi seperti, asam lemak omega 3, kalsium, fosfor, vitamin dan juga mineral yang sangat penting bagi manusia.

Pada tiap 100 gram ikan terdapat 26 gram protein. Oleh karena itu, jangan lupa mengkonsumsi ikan secara teratur untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh.

6. Telur

Dalam hal nutrisi telur sangat susah ditandingi. Itu mengapa telur dikategorikan sebagai ‘superfood’ alias makanan super. Telur memberikan banyak manfaat bagi tubuh, sumber protein tinggi, meningkatkan kecerdasan otak dan banyak manfaat kesehatan lainnya. Faktanya, telur memang mengandung sangat banyak nutrisi alami, pada rata-rata telur terdapat sekitar 13 gram protein yang membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sehat.

Jika Anda juga termasuk penggemar telur, maka Anda telah secara tidak langsung mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan lemak dan menjaga berat badan untuk tetap ideal. Telur memang sangat kaya protein yang mampu membuat tubuh tetap berenergi selama lebih dari satu hari serta mengandung nutrisi vitamin B12 yang membantu tubuh membakar lemak. Terutama bagi perempuan, setidaknya harus menyertakan telur dalam sarapan mereka jika ingin menjaga berat badan tetap ramping dengan kebutuhan kalori yang tetap tercukupi.

7. Tahu

Seperti kita ketahui. tahu adalah produk olahan dari kedelai dan banyak memiliki manfaat baik bagi kesehatan, seperti menurunkan risiko kanker, anemia, osteoporosis, dan kadar kolesterol. Tahu merupakan sumber protein yang baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung karena merupakan salah satu produk olahan dari kacang kedelai. Tahu juga termasuk jenis makanan yang sangat kaya protein. Selain itu, tahu juga merupakan makanan pokok yang sangat umum bagi masyarakat Indonesia untuk dikonsumsi dalam berbagai jenis olahan masakan.

Di balik kelezatannya, tahu menyimpan khasiat medis tersendiri. Sebuah studi oleh tim medis dari Kanada membuktikan bahwa tahu dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain menurunkan kolesterol, tahu juga terbukti dapat mencegah kanker payudara. Mereka yang mengonsumsi tahu 25 persen lebih banyak mengalami peningkatan pembentukan estrogen dibanding yang tidak. Tekanan darah mereka juga lebih rendah ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi tahu.

inilah artikel 7 makanan yang baik untuk kesehatan Anda, untuk itu Anda dapat memanfaatkannya secara maksimal bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat bagi Anda. (^_^) (*_*)

Next ArticleWaspada, Virus Paling Mematikan Bagi Manusia