Deretan Kebiasaan Buruk Penyebab Diabetes

Penyakit gula atau yang lebih dikenal dengan nama diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula dalam darah. Diabetes adalah kondisi dimana kadar gula pada makanan sulit dikonversi tubuh menjadi zat lain yang bermanfaat untuk tubuh dikarenakan produksi insulin yang sedikit. Penyakit diabetes yang umumnya diketahui oleh masyarakat adalah karena faktor genetika atau keturunan. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa penyakit gula memiliki resiko yang lumayan besar menurun ke generasi selanjutnya.

Umumnya ada beberapa hal yang menyebabkan penyakit diabetes, seperti faktor keturunan, sering stress, obesitas dan lainnya. Namun tidak hanya itu saja, ada beberapa kebiasaan buruk yang sering kita lakukan yang dapat memicu penyakit diabetes. Nah, berikut inilah kebiasaan buruk penyebab diabetes yang perlu diwaspadai.

1. Sering Melewatkan Sarapan

Sering melewatkan sarapan juga dapat menyebabkan penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan, tidak sarapan dapat menurunkan kadar gula darah di pagi hari. Sehinggga penurunan kadar gula darah inilah yang akan membuat Anda mencari makanan manis pada waktu makan siang ataupun setelahnya. Tentu saja hal ini memiliki efek yang negatif bagi kesehatan tubuh. Selain dapat meningkatkan kadar gula darah, hal ini juga dapat meningkatkan berat badan.

2. Makan Tidak Teratur

Selain dapat menyebabkan penyakit asam lambung atau maag, makan tidak teratur juga dapat menyebabkan penyakit ini. Pola makan yang tidak teratur dapat membuat tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya. Dan dalam jangka waktu yang panjang, pola makan yang tidak teratur ini dapat menimbulkan berbagai macam resiko kesehatan, salah satunya yaitu penyakit diabetes.

3. Mengonsumsi Makanan Yang Manis-Manis

Makanan yang mengandung glukosa atau gula memang sangat berguna untuk manambah tenaga seseorang. Akan tetapi mengonsumsi makanan yang manis-manis dalam jumlah yang berlebih dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. dan tentu saja hal ini sangat memungkinkan mengonsumsi makanan manis berlebih mampu meningkatkan resiko seseorang terserang diabetes.

4. Menggunakan Pil Kontrasepsi

Kebanyakan pil kontrasepsi terbuat dari kombinasi hormon estrogen dan progestin, atau progestin saja. Pil kombinasi sering menyebabkan perubahan kadar gula darah. Menurut dr Dyah Purnamasari S, Sp PD, dari Divisi Metabolik Endokrinologi RSCM, kerja hormon pil kontrasepsi berlawanan dengan kerja insulin. Karena kerja insulin dilawan, pankreas dipaksa bekerja lebih keras untuk memproduksi insulin. Jika terlalu lama dibiarkan, pankreas menjadi letih dan tidak berfungsi dengan baik.

5. Takut Kulit Jadi Hitam

Menurut jurnal Diabetes Care, wanita dengan asupan tinggi vitamin D dan kalsium berisiko paling rendah terkena diabetes tipe 2. Selain dari makanan, sumber vitamin D terbaik ada di sinar matahari. Dua puluh menit paparan sinar matahari pagi sudah mencukupi kebutuhan vitamin D selama tiga hari. Beberapa penelitian terbaru, di antaranya yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology, menyebutkan bahwa vitamin D juga membantu keteraturan metabolisme tubuh, termasuk gula darah.

6. Jarang Olahraga Sering Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Sudah menjadi rahasia umum jika seseorang yang jarang berolahraga dan sering mengonsumsi makanan cepat saji sangat rentan terhadap segala macam penyakit. Jarang berolahraga dapat membuat lemak yang ada di dalam tubuh semakin menumpuk. Jika dibiarkan hal ini dapat membuat berat badan bertambah dan memicu obesitas. Mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti makanan cepat saji juga dapat memperburuk kesehatan tubuh. selain dapat menyebabkan kanker makanan ini juga memicu penyakti diabetes.

7. Minuman Bersoda

Kebiasaan yang merupakan penyebab dari penyakit diabetes selanjutnya adalah minuman bersoda. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Nurses Health Study II terhadap 51.603 wanita yang berusia 22 hingga 44 tahun, menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi minuman bersoda dapat membuat berat badan berlebih dan tentunya hal ini pun dapat meningkatkan risiko diabetes. Para peneliti pun mengatakan bahwa hal tersebut terjadi karena kandungan pemanis buatan yang ada di dalam minuman bersoda. Jika ingin minum minuman yang menyegarkan, Anda bisa menggantinya dengan air putih ataupun jus dingi n tanpa gula.

8. Kecanduan Rokok

Kebiasaan penyebab penyakit diabetes berikutnya adalah karena kecanduan rokok. Penelitian yang dilakukan di Amerika dengan melibatkan 5.572 relawan pria dan wanita menunjukkan bahwa rokok dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami diabetes hingga 22 persen. Jika tidak segera dicegah tentu saja hal ini dapat berbahaya bagi kesehatan. Namun tak hanya karena rokok saja, pola makan, gaya hidup yang tidak sehat serta kurangnya berolahraga juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes dan penyakit berbahaya lainnya. Cara ampuh berhenti merokok yang dapat Anda coba adalah dengan mengonsumsi permen bebas gula serta melakukan hipnoterapi.

9. Makan Gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan faktor resiko tinggi pemicu penyakit degeneratif, seperti penyakit kardiovaskular (pkv), stroke, dan diabetes melitus,. Penyebab utama penyakit PKV atau kardiovaskular tersebut adalah adanya penyumbatan pembuluh darah koroner, dengan faktor resiko utama adalah dislipidemia. Dislipidemia merupakan penyakit kelainan metabolisme pada lipid yang ditandai dengan gejala peningkatan kadar kolesterol total, LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida. Meningkatnya proporsi dislipidemia disebabkan kebiasaan mengkonsumsi makanan rendah serat dan tinggi lemak, termasuk makanan gorengan.

10. Kurang tidur

Jika kualitas tidur tidak didapat, metabolisme jadi terganggu. Hasil riset para ahli dari University of Chicago mengungkapkan, kurang tidur selama 3 hari mengakibatkan kemampuan tubuh memproses glukosa menurun drastis. Artinya, risiko diabetes meningkat. Kurang tidur juga dapat merangsang sejenis hormon dalam darah yang memicu nafsu makan. Didorong rasa lapar, penderita gangguan tidur terpicu menyantap makanan berkalori tinggi yang membuat kadar gula darah naik.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan Anda terkena penyakit diabetes. Hindari segala macam hal-hal yang menyebabkan diabetes dan mulailah hidup sehat.

Next ArticleKisah Tongkat Raja Batak Tunggal Panaluan