Beberapa Manfaat “Minum Air Putih”

Minum air putih merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Kita boleh saja sehari tidak makan dalam sehari akan tetapi, kita tidak dapat hidup sehari tanpa minum. tanpa minum air dalam sehari akan dapat menimbulkan efek masalah tersendiri dalam tubuh anda. Mari kita simak beberapa manfaat minum air putih secara teratur dan baik.

Pengertian Air Putih

Air adalah kebutuhan yang paling mendasar dari kehidupan manusia. Dan dapat dipastikan tanpa mengembangan sumberdaya air secara baik untuk peradaban manusia tidak akan mencapai tingkat yang dinikmati sampai sekarang. Oleh karena itu pengembangan dan pengolahan sumber daya air merupakan dasar peradaban manusia. hidup 2 sampai 3 minggu tanpa makan manusia dapat bertahan, akan tetapi 2 sampai 3 hari tanpa minum maka manusia tidak akan bertahan.

Air putih adalah jenis zat cair yang memiliki molekul hidrogen dan oksigen. Air putih diberi nama demikian karena memiliki warna yang bening. Air putih sebenarnya sama dengan air biasa dalam konteks bentuk dan teksturnya. Namun, air putih lebih familiar dikenal sebagai air siap minum atau siap masak. Hal ini dikarenakan, air putih telah mengandung zat-zat tertentu yang membuat air memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Air putih juga sering disebut sebagai air mineral. Air ini diproses dari pengolahan dari sumber mata air lalu di olah menjadi air putih yang siap dikonsumsi. Air putih tidak memiliki rasa dan menyegarkan. Air putih biasanya dikemas dalam bentuk botol, galon dan sebagainya.

Manfaat Air Putih

Ini adalah beberapa ulasan mengenai manfaat minum air putih :

1. Meminum air dapat membantu kerja fisik

Jika kita terkena dehidrasi (kekurangan air dalam tubuh), kinerja fisik dapat menderita. Minum air putih sangatlah penting bagi tubuh. Karena tubuh sangat memerlukan cairan di dalam tubuh. Dehidrasi bisa memiliki efek yang nyata jika kita kehilangan 2% dari kadar air tubuh. Namun, bagi atlet banyak juga yang menderita dehidrasi karena kehilangan hingga 6-10% dari berat badan mereka melalui keringat. Hal ini dapat menyebabkan perubahan suhu tubuh, mengurangi motivasi, meningkatkan kelelahan dan membuat olahraga terasa lebih sulit, baik secara fisik maupun mental.

Untuk mencegah dehidrasi dapat juga mengurangi stres selama latihan kita melakukan intensitas tinggi. Hal ini sudah tidak mengejutkan lagi ketika kita mengetahui bahwa tubuh memiliki sekitar 80% air. Jadi, jika kita melakukan olahraga dengan intens dan cenderung berkeringat, akan semakin cepat tingakt dehidrasi kita alami.

2. Memiliki Efek Terhadap Energi dan Fungsi Otak Otak

Ketika kita mengalami dehidrasi, maka itu akan sangat berpengaruh terhadap tubuh. Studi menunjukkan bahwa bahkan dehidrasi ringan (1-3% dari berat badan) dapat merusak banyak aspek fungsi otak. Dalam sebuah studi pada wanita muda, kehilangan cairan 1,36% setelah kegiatan olahraga dapat mengganggu suasana hati dan konsentrasi, dan meningkatkan frekuensi sakit kepala. Studi lain yang serupa, kali ini pada pria muda, menunjukkan bahwa kehilangan cairan 1,59% merugikan memori kerja dan meningkatkan perasaan cemas dan kelelahan. Kehilangan cairan 1-3% sama dengan sekitar 0,5-2kg dari penurunan berat badan. Ini dapat dengan mudah terjadi melalui aktivitas normal sehari-hari, apalagi saat berolahraga atau panas tinggi.

3. Air Minum Dapat Membantu Mencegah dan Mengobati Sakit Kepala

Dehidrasi dapat memicu sakit kepala dan migrain pada beberapa orang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air dapat meredakan sakit kepala pada mereka yang mengalami dehidras. Namun, ini tampaknya tergantung pada jenis sakit kepala.

4. Minum Lebih Banyak Air Dapat Membantu Meringankan Sembelit

Sembelit adalah masalah umum, ditandai dengan pergerakan usus yang jarang dan sulit buang air besar. Meningkatkan asupan cairan sering direkomendasikan sebagai bagian dari protokol perawatan, dan ada beberapa bukti untuk mendukung hal ini. Konsumsi air yang rendah tampaknya menjadi faktor risiko sembelit pada orang muda dan orang tua. Air berkarbonasi menunjukkan hasil yang sangat menjanjikan untuk menghilangkan sembelit, meskipun alasannya tidak sepenuhnya dipahami

5. Air Minum Dapat Membantu Mengobati Batu Ginjal

Batu Ginjal adalah gumpalan kristal mineral yang menyakitkan yang terbentuk dalam sistem kantung kemih. Bentuk paling umum adalah batu ginjal, yang terbentuk di ginjal. Ada bukti terbatas bahwa asupan air dapat membantu mencegah kambuh pada orang yang sebelumnya menderita batu ginjal. Asupan cairan yang lebih tinggi meningkatkan volume urin yang melewati ginjal, yang mengencerkan konsentrasi mineral, sehingga mereka cenderung mengkristal dan membentuk gumpalan. Air juga dapat membantu mencegah pembentukan batu awal,

6. Air membantu mencegah mabuk hangover

Mengacu pada gejala tidak menyenangkan yang dialami setelah minum alkohol. Alkohol adalah diuretik, sehingga membuat Anda kehilangan lebih banyak air daripada yang anda minum. Ini dapat menyebabkan dehidrasi. Meskipun dehidrasi bukanlah penyebab utama mabuk, ini dapat menyebabkan gejala seperti haus, kelelahan, sakit kepala, dan mulut kering. Cara yang baik untuk mengurangi mabuk adalah minum segelas air di antara minuman, dan memiliki setidaknya satu gelas besar air sebelum tidur.

7. Minum Lebih Banyak Air Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Minum banyak air dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Ini karena fakta bahwa air dapat meningkatkan rasa kenyang dan meningkatkan laju metabolisme anda. Dalam dua penelitian, minum setengah liter (17 ons) air terbukti meningkatkan metabolisme hingga 24-30% hingga 1jam 30menit. Ini berarti minum 2 liter air setiap hari dapat meningkatkan total pengeluaran energi Anda hingga 96 kalori per hari. Waktunya juga penting, dan minum air setengah jam sebelum makan adalah yang paling efektif. Ini bisa membuat Anda merasa lebih kenyang, sehingga Anda makan lebih sedikit kalori. Dalam sebuah penelitian, pelaku diet yang minum setengah liter air sebelum makan kehilangan 44% lebih banyak berat badan, selama 12 minggu. Sebenarnya yang terbaik adalah minum air dingin, karena dengan begitu tubuh akan menggunakan energi tambahan (kalori) untuk memanaskan air ke suhu tubuh.

Dengan meminum air putih dapat memenuhi kebutuhan dasar kita, banyak juga manfaatnya bagi tubuh dan kesehatan. demikianlah sedikit ulasan kami mengenai air putih semoga dapat bermaanfaat bagi kita semua.

Next ArticleYuk, Simak Cara Membedakan Penyakit Akut Dan Kronis