Awal Mula Lagu Indonesia Raya

Lagu Indonesia merupakan lagu dari kebangsaan Indonesia. Lagu kebangsaan Indonesia yang berjudul Indonesia Raya di Ciptakan oleh Rudolf Soepratman sekitar 28 Oktober tahun 1928 di Batavia. Pembuatan lagu Indonesia Raya dilambangkan sebagai Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Augustus 1945. Lagu Indonesia Raya biasanya dibawakan saat Upacara Bendera dan terutama pada saat perayaan memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 17 Agustus.

Sejak kemerdekaan Indonesia, Lagu Indonesia Raya merupakan lagu yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia Karena lagu tersebut adalah simbol dari kemenangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan tanah Indonesia dari penjajahan.

Kongres pemuda Indonesia  diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 1928 yang bertemakan sumpah pemuda sebagai bentuk kesatuan pemuda Indonesia. Isi dari sumpah pemuda sebagai berikut.

  • Kami, Putra dan putri Indonesia, Mengakui bertanah air satu, Tanah Indonesia
  • Kami putra dan putri Indonesia, mengakui Berbangsa satu, Bangsa Indonesia
  • Kami putra dan putri Indonesia mengakui bahasa satu, Bahasa Indonesia

Selama terbentuknya Kongres Pemuda Indonesia, Untuk pertama kalinya Rudolf Supratman menampilkan lagu ciptaannya dengan menggunakan Biola pada saat pembentukan Kongres Pemuda Indonesia. Selain sebagai pencipta lagu, Rudolf Supratman juga sebagai seorang wartawan, Musisi, dan juga sebagai Guru.

Pada dasarnya, Kongres pemuda adalah sebuah gerakan Subversif yang berguna untuk melawan penjajah Belanda dan lagu Indonesia Raya yang dianggap terlalu Nasionalis dengan cepat dilarang oleh penjajah Belanda yang dilakukan dengan reaksi penindasan. Sejak pertengahan Abad ke-19, Beberapa surat kabar memiliki peran penting dalam menerbitkan Lagu Indonesia Raya seperti Soeloeh Rakyat Indonesia dan Sin Po yang sangat berpengaruh terhadap Rezim Otoriter.

Sekitar bulan Maret 1942 sampai 1945, Indonesia mengalami banyak kesulitan seperti Kelangkaan makanan, Pakaian dan Obat-obatan serta Kerja paksa yang dilakukan oleh Belanda terhadap Indonesia. Jepang yang pada saat itu mengajarkan banyak ilmu terhadap Pemuda Indonesia dengan memberikan pendidikan, Melatih dan mempersenjatai yang memungkinkan untuk memberikan masa depan bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan. Setelah perang dunia II berakhir, Jepang memberikan dukungan penuh kepada Indonesia dan pada 17 Augustus 1945 setelah Nagasaki melakukan pengeboman bom atom Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Pada kesempatan ini lagu Indonesia Raya menjadi lagu kebangsaan Republik Indonesia.

 

Next ArticleTas Wanita Terbaik Dengan Merek Terbaik